MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Dengan ditunjuknya Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Nusantara (IKN), maka akan membawa dampak bagi daerah penyangga sekitarnya. Salah satu diantaranya adalah Kota Samarinda.

Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Samarinda, Deni Hakim Anwar mengatakan, Kota Samarinda sebagai salah satu daerah penyangga IKN akan turut mendapatkan dampaknya. Pembangunan yang dilaksanakan di IKN, otomatis juga akan diikuti oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda.

Pembangunan, lanjutnya, harus direncanakan dengan matang dan menyesuaikan sebagai kota penyangga IKN.

“Pemerintah Kota Samarinda harus bisa memaksimalkan pembangunan di segala sektor. Karena posisinya menyangga IKN,” katanya, Senin (30/10/2023).

Kata Deni, dengan berlangsungnya pembangunan di IKN, maka Samarinda juga harus berbenah dan menyesuaikan pembangunan. Hal ini agar Samarinda bisa menjadi kota penyangga IKN yang baik.

“Semua daerah saat ini tengah melakukan pembenahan dan peningkatan karena sebagai penyangga IKN. Maka Samarinda harusnya juga melakukan hal yang sama,” katanya.

Utamanya pembangunan pendidikan. Deni mengatakan, pendidikan yang baik akan menghasilkan sumber daya manusia yang baik.

“Pindahnya IKN ke Kalimantan Timur (Kaltim) ini tentu akan berimbas pada daerah lain juga. Tinggal bagaimana kemudian Samarinda bisa terus berbenah,” katanya.

Deni juga berharap dengan ditunjuknya Kaltim sebagai IKN, maka anggaran dari pusat juga bisa membantu pembangunan di Kaltim.

“Banyak pembangunan ini, kita berharap pemerintah pusat bisa memberikan kucuran dana juga. Nanti bisa dibantu dengan anggaran yang ada di daerah,” tandasnya. (Koko/M. Jay/Adv/DPRD Samarinda)

Don`t copy text!