MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Untuk mendukung upaya menjamin ketercukupan uang Rupiah, Bank Indonesia bersama seluruh perbankan secara aktif dan konsisten mendistribusikan uang tunai layak edar ke seluruh wilayah Kaltim.

“Distribusi uang tunai layak edar ini dilakukan melalui perbankan, kas titipan hingga kas keliling di kawasan 3T, ” ucap Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kaltim, Hendik Sudaryanto saat acara pertemuan tahunan Bank Indonesia, Rabu (29/11/2023).

Pada 2023 ini, kata dia, telah dilaksanakan Summer Fest sebagai upaya kolaboratif Bank Indonesia untuk memperluas edukasi dan pemahaman Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah kepada masyarakat luas.

Hendik Sudaryanto menyebut, Summer Fest yang dilaksanakan tersebut terdiri dari tiga kegiatan edukasi, yaitu Training of Trainers Pengajar, CBP Goes to School, Bincang CBP Milenial serta Kebanksentralan yang kekinian.

“Tidak hanya pembayaran tunai, kami juga terus mendorong akselerasi ekosistem transaksi pembayaran nontunai melalui QRIS. Komunikasi kebijakan transaksi nontunai ke masyarakat telah dilakukan dengan berkolaborasi bersama Pemda, maupun masyarakat langsung, melalui berbagai festival dan event, ” terangnya.

Hendik Sudaryanto menambahkan, berkat kuatnya sinergi dan inovasi untuk mendorong akselerasi penguatan ekosistem keuangan digital di daerah melalui Tim Percepatan atau TP2DD, Kaltim berhasil menyabet lima penghargaan TP2DD dengan kategori program unggulan se-nasional yang diberikan kepada TP2DD Kabupaten Kukar.

Penulis : End

 

Don`t copy text!