MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim Agus Hari Kesuma mengatakan, pemindahan kantor Dispora Kaltim akan dilakukan secara bertahap.

Untuk diketahui, gedung baru Kantor Dispora Kaltim di Gedung Kadrie Oening Tower, di Kompleks Gelora Kadrie Oening, Samarinda sudah rampung. Yang mana, letak gedung baru ini berada hanya beberapa meter dari Kantor Dispora Kaltim yang ada saat ini.

Dikatakannya, nantinya Kantor Dispora yang lama, akan dimanfaatkan sebagai wadah pihaknya untuk dijadikan pusat sentral olahraga bagi para atlet dan museum olahraga.

Agus Hari Kesuma menyebut, pihaknya juga telah mempertimbangkan dan merincikan dengan seksama mengenai pengalihan fungsi gedung lama tersebut.

“Kami hanya akan mengalihfungsikan satu ruang, yaitu ruangan yang sebelumnya digunakan oleh kepala Dispora,” ujarnya.

Dikatakan, nantinya dalam ruangan yang pernah ditempati Kadispora, akan dipajang semua piagam penghargaan yang telah diterima atlet-atlet dan Dispora Kaltim. Rencana ini bertujuan mengabadikan prestasi olahraga yang telah diraih selama ini.

Sementara itu, unit bangunan lainnya akan dimanfaatkan sebagai sentra olahraga atau asrama bagi para atlet.

Agus menerangkan tidak banyak perubahan yang akan dilakukan di gedung lama itu, hanya saja beberapa ruangan akan dibuatkan sekat untuk kamar, terutama di lantai satu.

Melihat kondisi gedung yang masih baik dan layak dijadikan sentra atlet itu Dispora tidak berencana melakukan renovasi ruangan.

“Tidak perlu renovasi besar-besaran karena masih bagus kondisi gedungnya, cuma perlu sekat-sekat untuk kamar atlet saja,” sebutnya.

Menurutnya, usulan ini sudah ada sejak lama. Bahkan sebelum gedung baru selesai dibangun. Persetujuan dari BPKAD pun sudah dikantongi, sehingga memudahkan langkah selanjutnya yang akan dilakukan.

“Persetujuan BPKAD sudah ada jadi langkah selanjutnya adalah merumuskan detail pelaksanaan,” katanya.

Rencana ini akan dianggap memberikan manfaat ganda, selain menghormati prestasi olahraga yang telah dicapai atlet juga menciptakan fasilitas yang lebih baik bagi para atlet yang berlatih dan tinggal di sana.

Museum olahraga dan sentra olahraga ini diharapkan menjadi tambahan berharga untuk perkembangan olahraga di Kaltim. (Oen/M.jay/Adv/Dispora Kaltim)

Don`t copy text!