MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Berbagai persiapan dilakukan Pengurus Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kaltim untuk menghadapi persaingan di ajang babak kualifikasi (BK) PON yang akan diselenggarakan di Bandung, pada 25 sampai 30 November 2023 mendatang.

Persiapan matang dilakukan kepada atlet catur, khususnya atlet catur putri. Ini sebagai upaya agar mereka dapat lolos dengan meraih medali dalam ajang BK PON.

Rencananya Pengprov akan mengirimkan enam pecatur putri terbaiknya. Diantaranya adalah WIM Chelsie Monica Ignasia Sihite. Selain itu, ada lima atlet putra yang akan bertanding play off untuk memperebutkan tiket kelolosan. Pasalnya, pada Pra PON zona Kalimantan pada September lalu di Palangkaraya, belum bisa berbuat banyak.

Ketua Pengprov Percasi Kaltim, Akhmed Reza Fachlevi mengaku optimis atlet putrinya bisa lolos Pra PON, serta kembali mendulang kepingan emas pada PON XXI/2024 di Aceh dan Sumatra Utara nanti.

Bahkan, dirinya telah mentargetkan lima emas pada BK PON nanti. Hal ini mengacu dari kegiatan PON yang dilaksanakan di Papua 2021 silam. Dimana, Kaltim menempati peringkat tiga, di bawah Jawa Barat dan tuan rumah dengan dua emas dan satu perak.

“Target kita lima medali emas, karena kemarin kita bisa dapat dua medali emas. Harapan untuk atlet putra juga bisa mendapatkan hasil yang maksimal,” katanya.

Terpisah, Pelatih Catur Kaltim, Najahan Mustofa mengatakan, atlet catur Kaltim dipastikan siap untuk bertanding dengan waktu persiapan yang matang.

Namun begitu, kata dia, untuk target yang dicanakangkan Ketua Percasi, Ia pun berusaha semaksimal mungkin meraih hasil terbaik pada perhelatan multi event nanti.

“Jika Ketua bilang target lima emas, maka saya sebagai pelatih berusaha mewujudkan hal itu. Apalagi Ketua kita orangnya sangat optimistis,” sebutnya.

Maret 2024 nanti, KONI Kaltim berencana melaksanakan Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) bagi atlet yang lolos zona medali ke ajang PON yang akan datang. Di mana, program pemusatan tersebut juga disambut dan didukung penuh Dispora Kaltim, agar peningkatan prestasi Kaltim dapat semakin meningkat di nasional. (Oen/M.jay/Adv/Dispora Kaltim)

Don`t copy text!