MEDIABORNEO.NET, KUKAR – Dalam waktu sehari dua peristiwa kebakaran lahan terjadi dua wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Senin (28/8/2023).

Peristiwa kebakaran lahan pertama terjadi di Desa Perjiwa RT 02, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kukar. Di lokasi ini, api tidak hanya membakar lahan seluas kurang lebih satu hektar, tetapi merambat dan “melahap” sebuah pondok bekas kantin SMA 3 Unggulan.

Selanjutnya, peristiwa kebakaran lahan kedua terjadi di Desa Tanjung Harapan Jalan Pasiran RT 01, Samboja, Kukar sekitar pukul 15.20 Wita.

Kebakaran lahan di Desa Tanjung Harapan ini menyebabkan sekitar dua hektar lahan yang merupakan semak belukar, rumput dan pepohonan terbakar.

Pos Damkar Kecamatan Samboja yang menerima laporan kebakaran lahan langsung bergerak ke lokasi kejadian, bersama unsur lainnya dari Koramil, relawan, RT dan warga setempat melakukan pemadaman api.

“Diduga penyebab kebakaran lahan ini dikarenakan faktor cuaca panas. Pemadaman dilakukan dengan cara manual maupun menggunakan mobil tangki pemadam. Pukul 17.30 Wita, api berhasil dipadamkan, ” ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kukar, Fida Hurasani.

Penulis : Koko
Editor : M Jay

Share
Don`t copy text!