MEDIABORNEO.NET, KUKAR – Pemerintah Kecamatan Sangasanga Kukar berencana akan membangun peternakan sapi di lokasi lahan eks tambang.

Hal itu dilakukan dengan target agar Kecamatan Sanga-sanga menjadi salah satu daerah penghasil daging sapi terbesar di Kaltim.

Camat Sanga-sanga, M Dachriansah mengungkapkan, kini pihaknya telah menjalin komunikasi dengan beberapa stakeholder terkait, di antaranya Pemkab Kukar dan perusahaan yang beroperasi di Sangasanga.

Kata dia, keinginan itu menjadi tekat kuat pihaknya, melihat peluang ke depan Kukar akan menjadi bagian dari Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantara.

Rencananya, terdapat tiga kelurahan yang akan menjadi fokus peternakan sapi tersebut, antara lain Kelurahan Pendingin, Sangasanga Muara, dan Sangasanga Dalam.

“Tahap awal sudah dimulai dan akan ditindaklanjuti lagi pada 2025 mendatang,” ucapnya, Jumat (10/11/2023).

Dia mengungkapkan, rencana itu setelah pihaknya melihat peternakan sapi yang menggunakan lahan bekas tambang oleh PT Equalindo Makmur Alam Sejahtera (EMAS) di Tenggarong Seberang.

Ia berharap, hal itu dapat terwujud sesuai dengan keinginan pihaknya, mengingat potensi sangat baik untuk dikembangkan di Kecamatan Sangasanga.

“Nantinya seluruh kebutuhan bahan baku untuk hewani itu bisa dipenuhi untuk Kaltim dan Kukar,” tutupnya. (Aan/M. Jay/Adv/Diskominfo Kukar)

Don`t copy text!