MEDIABORNEO.NET, KUKAR – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) banyak memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. Salah satunya air terjun yang berada Desa Buana Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang

Pemerintah Kecamatan Tenggarong Seberang berencana akan mengembangkan destinasi wisata air terjun yang terletak di Desa Buana Jaya.

Destinasi wisata air terjun yang melewati areal persawahan itu, akan segera dibangun sarana dan prasarana penunjang dalam waktu dekat.

Camat Tenggarong Seberang, Tego Yuwono mengatakan, pihaknya kini sedang melakukan koordinasi dan konsultasi kepada Pemkab Kukar terkait rencana tersebut.

“Akses masuk sepanjang tiga kilometer kita lagi kerjakan badan jalannya. Semuanya kita target di 2024,” kata Tego, Jumat (3/11/2023).

Kata dia, pembangunan sarana dan prasarana wisata air terjun itu telah mendapat suntikan dana dari Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kukar.

Selain itu, pihaknya bersama pemerintah desa juga telah menganggarkan beberapa fasilitas yang dapat menunjang agar wisata tersebut bisa beroperasi dalam waktu dekat.

“Ada juga dari pokok-pokok pikiran anggota dewan, cuma kalau itu kan terbatas. Gabungan atau gotong royong lah, seperti itu maksudnya,” ucapnya.

Ia berharap, dengan hadirnya wisata air terjun tersebut dapat meningkatkan potensi perekonomian masyarakat melalui UMKM di sekitar wisata tersebut.

“Kami sangat mensupport sekali, terutama dalam membenahi UMKM. Nantinya orang datang yang dicari pasti oleh-oleh,” tutupnya. (Aan/M. Jay/Adv/Diskominfo Kukar)

Don`t copy text!