MEDIABORNEO.NET, KUKAR – Desa Ponoragan, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki potensi besar di bidang perikanan. Desa ini dikenal sebagai produsen bibit ikan mas dan nila terbesar di wilayah tersebut.

Kepala Desa Ponoragan, Sarmin menyebut, desanya terus berupaya meningkatkan produksi perikanan dengan melibatkan pemuda desa. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan pemuda desa untuk menghadapi tantangan di masa depan, yaitu pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ke Kaltim.

“Kami ingin pemuda Ponoragan tidak hanya menjadi penonton, tetapi juga pelaku dalam pengembangan perikanan. Kami sadar kebutuhan ikan akan meningkat drastis di masa depan,” ujarnya, Senin (30/10/2023).

Menurut Sarmin, sebagian besar penduduk Ponoragan adalah petani yang masih produktif. Dengan mendorong sektor perikanan, Sarmin yakin Ponoragan dapat memenuhi kebutuhan pangan lokal dan nasional. Setiap bulan, desa ini mampu menghasilkan puluhan juta ekor bibit ikan.

“Saya berharap petani di sini dapat membesarkan ikan di kolam, seperti ikan gurame, yang memiliki nilai ekonomis tinggi,” pungkasnya. (Han/M. Jay/Adv/Diskominfo Kukar)

Don`t copy text!