MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Ketua DPRD Kaltim, Hasanuddin Mas’ud mengharapkan, dengan nantinya disahkan Peraturan Daerah (Perda) tentang penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat (Trantibumlinmas) akan membawa manfaat positif bagi daerah.

Saat ini proses perumusan produk hukum daerah ini sudah sampai babak akhir. Setelah tiga bulan ditetapkan, Perda tersebut sudah ada petunjuk teknisnya melalui Pergub. Belum lama ini telah digelar sesi uji publik materi Perda tersebut di Balikpapan.

Hasanuddin Mas’ud mengatakan, uji publik dilaksanakan untuk memastikan Perda Trantibumlinmas tidak seperti yang pengalaman perumusan Perda yang lalu. Sehingga untuk mempermudah implementasi harus ada petunjuk teknis.

“Nanti implementasinya Satpol PP yang ditunjuk ini, dalam melaksanakan penegakan dan ketertiban itu sudah ada juknisnya. Sehingga saya berharap perda ini bisa diamankan, tidak seperti yang lalu,” ujarnya, Selasa (7/11/2023).

Dirinya mendukung Satpol PP untuk dijadikan komponen ketahanan negara atau Komando Cadangan (Komcad).

“Satpol PP ini Polisi Pamong Praja, artinya mereka sudah semi militer dibandingkan dengan sipil lainnya. Nah harapan kita kalau nanti terjadi, ya kita tidak tahu keadaan dunia harapan kita dari pemerintahan daerah ini menjadi salah satu komponen yang kuat sebagai salah satu sumber ketahanan negara,” katanya.

Dia menambahkan, kearifan lokal yang berkaitan dengan dengan Perda Trantibumlinmas nanti akan disesuaikan dengan daerah di Kaltim. (Hk/M.jay/Adv/DPRD Kaltim)

Don`t copy text!