MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Komisi III DPRD Kaltim menggelar rapat dengar pendapat (RDP) bersama Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PUPR-Pera) Kaltim, di Gedung E Kantor DPRD Kaltim, Jumat (10/11/2023).

Diantara pembahasan dalam RDP ini adalah mengenai program dan anggaran PUPR-Pera Kaltim untuk tahun 2024.

RDP dipimpin oleh Ketua Komisi III DPRD Kaltim Veridiana Huraq Wang, dihadiri Anggota Komisi III DPRD Kaltim dan Kepala Dinas PUPR-Pera Kaltim, Kepala Bidang Perencanaan, dan Kepala Bidang Evaluasi.

Anggota Komisi III DPRD Kaltim, Bagus Susetyo mengingatkan mengenai dua hal penting kepada Dinas PUPR-Pera Kaltim, yaitu infrastruktur dan kedaulatan pangan. Karena, kata dia, kedua hal ini sangat berpengaruh terhadap pembangunan di Kaltim, khususnya di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Kami harapkan program dan anggaran PUPR-Pera Kaltim bisa terserap sepenuhnya, tanpa ada yang tersisa. Kami juga ingin mengutamakan kegiatan infrastruktur yang bisa memudahkan arus logistik, seperti jalan desa, jalan antar kabupaten, dan jalan pesisir,” ujarnya.

Dikatakannya, infrastruktur berkaitan erat dengan kedaulatan pangan, yang merupakan salah satu visi misi Kaltim. Dia berharap, dengan infrastruktur yang memadai, maka hasil bumi dan hasil pertanian masyarakat bisa lebih cepat diangkut dan dijual.

“Kami juga ingin mendukung program pembukaan sawah baru dan peningkatan teknik irigasi sawah, sehingga bisa panen tiga kali setahun. Ini juga sesuai dengan tujuan untuk kedaulatan pangan, yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (Hk/M. Jay/Adv/DPRD Kaltim)

Don`t copy text!