MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur (Kaltim), AA Bagus Surya Saputra Sugiarta, mengungkapkan bahwa pihaknya telah menjalankan serangkaian kegiatan.

Bagus, panggilan akrabnya, menjelaskan bahwa setiap tahun bidang pembudayaan Dispora Kaltim memiliki sejumlah kegiatan rutin, termasuk pembinaan pusat pendidikan dan pelatihan bagi pelajar, kegiatan olahraga tingkat pelajar, serta berbagai kegiatan lainnya.

Pihaknya juga melakukan penilaian terhadap Sekolah Dasar Inpres (SDI) dan melakukan inventarisasi terkait isu-isu olahraga.

“Isu-isu olahraga itu contohnya seperti minat masyarakat terhadap berbagai cabang olahraga,” jelas Bagus, baru-baru ini.

Selain itu, pihakny juga telah melaksanakan pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk olahraga masyarakat tradisional dan memberikan dukungan bagi olahraga disabilitas.

“Kita juga melakukan pemilihan duta olahraga dan memberikan penghargaan dan bonus kepada atlet yang meraih prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional,” bebernya.

Sementara itu Tahun 2023 ini, beragam kegiatan penting juga telah dilaksanakan, di antaranya adalah Kejurnas Angkat Besi Antar Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar/Daerah dan Sekolah Khusus Olahraga (PPLP/PPLPD dan SKO) yang diselenggarakan pada 26-30 Mei 2023 di Kompleks Gor Kadrie Oening, Kaltim. Termasuk Kejuaraan Sepatu Roda dan Panjat Tebing Tingkat Pelajar se-Kaltim pada 18 September 2023 di Stadion Gor Kadrie Oening.

“Sudah dilakukan juga peningkatan SDM bagi wasit dan juri kungfu tradisional, serta berbagai kegiatan rutin yang berkaitan dengan olahraga disabilitas,“ jelasnya.

Dengan ini, Bagus sebagai Kabid Pembudayaan Dispora Kaltim sangat berkomitmen untuk terus memajukan olahraga dan pengembangan Sumber Daya Manusia di bidang olahraga Benua Etam. (Lis/M. Jay/Adv/Dispora Kaltim)

Share
Don`t copy text!