MEDIABORNEO.NET, KUKAR – Genta Nusantara menjadi wadah para seniman di Indonesia mengekspresikan kekayaan budaya dan seni yang dimiliki. Melalui Genta Nusantara yang dilaksanakan di Ruang Kertha Gosana, Puspem Kabupaten Badung Bali, Kamis, (2/11/2023) diharapkan banyak membawa dampak positif bagi pelestarian budaya dan seni daerah di Indonesia.

Acara Genta Nusantara III ini menghadirkan 626 orang seniman dan para budayawan seluruh Indonesia.

Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kukar, David Haka mengatakan, dengan kehadiran Kabupaten Kukar sebagai salah satu pengisi acara pada acara Genta Nusantara III, maka akan banyak mendapatkan apresiasi.

“Ini adalah salah satu kehadiran Kukar dalam mendukung pelestarian budaya dan kearifan lokal setiap daerah,” kata David Haka.

Ia menjelaskan, pelestarian budaya setiap daerah sangatlah penting. Karena dengan adanya budaya yang berbeda-beda disetiap daerah adalah gambaran tentang daerah itu sendiri.

“Indonesia mempunyai banyak suku, bahasa, budaya, kesenian, disinilah tempat kita saling melestarikan budaya setiap daerah,” jelasnya.

Kabupaten Kukar sendiri, kata dia, diwakili oleh group kesenian Topa telah berhasil membawa para pelaku seni yang hadir dari beberbagai daerah untuk tenggelam kedalam alunan musik khas daerah kukar.

“Semoga dengan adanya kegiatan tersebut, berkumpulnya para pencinta seni seluruh daerah di Indonesia bisa memperkaya pengetahuan tentang kesenian,” harapnya.

Sementara itu, Pimpinan Group Musik Topa Tri Andi Yuniarso mengatakan, grupnya menampilkan musik etnik garapan yang menjadi ciri khas dari Topa.

“Kami menampilkan beberapa musik etnik lagu Begenjoh khas kutai dikreasikan kemudian ada beberapa musik lainnya,” ungkapnya.

Lanjut dia, dengan adanya kesenian dari Kukar hadir di Genta Nusantara bisa mewarnai kekhsanahan seni budaya Indonesia.

“Kami berharap dukungan support Dinas terkait akan kesenian tidak pernah putus,” tutupnya. (Aan/M. Jay/Diskominfo Kukar)

Don`t copy text!