MEDIABORNEO.NET, KUKAR – Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah-Rendi Solihin membuat program Kukar Kaya Festival (K3F). Program ini merupakan hiburan rakyat pada puncak event Kukarland Festival.

Kukarland Festival menjadi langkah awal Pemkab Kukar mewujudkan inklusif kalangan difabel. Event ini adalah hiburan yang diberikan gratis bagi seluruh masyarakat, termasuk kalangan difabel.

Hal ini diwujudkan dengan disediakannya tempat khusus bagi kalangan difabel. Selain itu juga diperuntukkan bagi orang tua, ibu hamil hingga orang cidera.

“Kita menghargai para pengunjung disabilitas. Mereka perlu dirangkul dan diperhatikan, ” kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar, Slamet Hadiraharjo, Jumat (22/9/2023).

Disebutkannya, khusus penyandang disabilitas tuli, pihaknya telah menyediakan pendampingan yang akan menjadi Juru Bahasa Isyarat (JBI).

“Event selanjutnya akan disediakan lagi bagi teman disabilitas. Namun kita juga melihat apakah venuenya memungkinkan, ” katanya.

Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin menegaskan, seluruh event di Kukar diperuntukkan bagi semua kalangan masyarakat, termasuk kalangan difabel.

“Kami ingin memastikan seluruh kalangan, terutama masyarakat difabel juga bisa menikmati berbagai event hiburan di Kukar. Artinya, semua event di Kukar juga ramah terhadap difabel, ” imbuhnya.

Editor : M Jay

Don`t copy text!