MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Indonesia mendapat kuota full untuk jamaah haji tahun 2024 ini oleh Pemerintah Saudi Arabia.

Hal itu mendapat apresiasi Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Samarinda Sani Bin Husain.

“Kita rasional saja, alhamdulillah COVID-19 sudah turun, tapi untuk menyesuaikan, tentu masih membutuhkan waktu dan tidak bisa langsung. Alhamdulillah tahun ini kita diberikan kuota full berangkat, ” ujarnya.

Dikatakannya, minat masyarakat Indonesia, Kaltim dan Samarinda khususnya sangat tinggi untuk mendaftar sebagai calon jamaah haji. Sehingga tidak heran jika antrian calon jamaah haji semakin “mengular”. Sementara sejak pandemi COVID-19 lalu, kuota haji terpangkas.

” Kita berharap kuota diberikan selalu tetap, bahkan kalau bisa lebih. Karena untuk mengurangi antrian calon jamaah yang masuk dalam daftar tunggu. Sebelumnya di pandemi kemarin sudah banyak calon jamaah yang tertunda keberangkatan, sehingga ketika kuota diberikan full atau dilebihkan, maka insyaallah antrian yang kemarin-kemarin bisa terurai, ” katanya.

Sani juga mendorong kepada pemerintah untuk terus meningkatkan hubungan baik dengan pemerintah Saudi Arabia agar mendapatkan kuota haji lebih.

“Pemerintah teruslah berusaha untuk meminta kuota, terutama dari pemerintah di Samarinda. Jangan sampai ibadah haji dilakukan di usia yang rentan, ” katanya.

“Kita sudah beberapa kali berbicara terkait ini, kami meminta untuk ditingkatkan. Apalagi penduduk Samarinda hampir 8 ribu, kalau antriannya lama, kasihan juga, ” tandasnya. (Adv/Koko)

Don`t copy text!