MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Samarinda rutin mengunjungi sekolah-sekolah maupun desa-desa yang ada di Samarinda secara bergiliran, dengan armada mobil Perpustakaan Kelililing (PusLing).

Sebanyak 3 armada mobil PusLing setiap harinya menyambangi sekolah dengan membawa ratusan koleksi buku-buku berbagai judul. Mulai dari buku pelajaran hingga buku dongeng.

Kegiatan PusLing Kota Samarinda tersebut mendapat apresiasi dari Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Samarinda Deni Hakim Anwar.

“Tentunya kita sangat apresiasi sekali dengan adanya layanan perpustakaan keliling ke sekolah-sekolah ini ya. Jadi ada inisiatif dan ada tindakan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Dinas Perpustakaan untuk meningkatkan literasi anak-anak kita. Artinya meyemarakan atau menggiatkan gemar membaca,” ujarnya.

Mengenai jumlah armada mobil PusLing Perpustakaan Samarinda saat ini, diakui Deni, jumlah tersebut masih minim untuk dapat memaksimalkan layanan ke seluruh wilayah Samarinda hingga ke wilayah pelosok.

Selain itu, buku-buku yang biasanya ada di mobil PusLing tidak sebanyak dengan jumlah buku di gedung Perpustakaan Samarinda, sehingga tidak banyak buku yang bisa dipinjam.

“Iya memang, selama ini memang ada mobil perpustakaan keliling, hanya saja kan terbatas. Hanya satu lingkup cakupannya dan jumlah buku yang dibawa juga tidak banyak, tp ketika pelajar bisa kita giring ke tempatnya langsung, yaitu ke perpustakaan, kenapa tidak,” katanya.

Deni berharap, layanan mobil PusLing Perpustakaan Samarinda tidak hanya di daerah perkotaan saja, tetapi juga wilayah-wilayah pelosok dan terdalam Samarinda yang memang sulit dijangkau.

“Kita bisa buatkan gratis semua kartu anggotanya. Kita juga berikan setiap hari ada jadwal kunjungan di setiap sekolah untuk datang ke sana. Misalnya pagi jam 8 sekolah ini. Ada beberapa ratus sekolah yang ada di Samarinda, itu saja yang kita putar, otomatis anak-anak pasti senang,” pungkasnya. (Adv DPK Kaltim/Koko/M Jay)

Don`t copy text!