MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) menggandeng Universitas Mulawarman (Unmul) menggelar kegiatan Nusantara Goes to Campus, di Auditorium Unmul, Senin (7/8/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Deputi Sosial dan Budaya Otorita IKN Alimuddin, Rektor Unmul Abdunnur dan ratusan mahasiswa.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengatakan, pembangunan IKN perlu dukungan seluruh pihak, termasuk generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa.

“Nantinya mereka yang akan memiliki IKN ke depan, sehingga perlu dari sekarang untuk kita semua bertekad membangun IKN sebagai kota yang akan kita banggakan, ” ujarnya pada awak media, usai menghadiri kegiatan.

Dikatakannya, untuk menjadi generasi penerus dunia yang kuat di IKN, harus ikut andil dan berpartisipasi dalam pembangunan IKN, khususnya kepada pemuda lokal agar dapat bersaing.

“Tidak mungkin akan terwujud kalau generasi mudanya tidak ikut dari awal. Sehingga kita ingin sumber daya manusia (SDM) kita di tahun 2045 nanti bisa membawa kota ini sebagai kota yang bisa bersaing, ” ujarnya.

“Kita mengajak semua lapisan masyarakat untuk dapat menitikberatkan pada pembangunan SDM, sehingga itulah roh kota ini, ” katanya.

Dia menambahkan, pembangunan IKN membutuhkan SDM yang tangguh dan andal untuk benar-benar dapat mewujudkan apa yang dicita-citakan.

“Kota ini boleh bagus infrastrukturnya, tapi kalau tidak didukung oleh SDM andal, tangguh dan kuat, maka kita tidak akan bisa mencapai apa yang kita cita-citakan, ” imbuhnya.

Terpisah, Deputi Sosial dan Budaya Otorita IKN Alimuddin menyebut, pihaknya ingin memastikan peran para pemuda lokal Kaltim pada pembangunan IKN benar-benar ada dan turut dilibatkan dalam proses pembangunannya dalam segala bidang.

“Kita memastikan bahwa dalam proses pembangunan di IKN juga melibatkan masyarakat lokal. Itu jadi sasaran utama kita, sehingga bukan hanya infrastruktur yang maju, tapi kita utamakan pembangunan manusianya, termasuk sosial budaya. Pemuda lokal harus ikut terlibat dalam pembangunan IKN ini, ” katanya.

Rektor Unmul Abdunnur memberikan apresiasinya atas kegiatan yang dilaksanakan oleh Otorita IKN. Yang mana, kata dia, ini menjadi kegiatan pertama yang dilaksanakan di Indonesia dan di Unmul.

“Badan Otorita perlu dukungan kita semua, khususnya pemuda untuk menyampaikan informasi positif pada masyarakat, bahwa IKN harus berdiri dan dibangun dengan dukungan bersama untuk kelancaran pembangunan Nusantara, ” katanya.

Penulis : Koko
Editor : M Jay

Don`t copy text!