MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur (Kaltim) melalui Bidang Pengembangan Pemuda akan menggelar Pelatihan Pemuda Wirausaha Pemula Tahun 2023, yang menjadi kelanjutan dari Seminar Wirausaha Pemula yang digelar pada bulan Maret-April 2023 di empat kecamatan Kutai Timur.

Kepala Bidang Pengembangan Pemuda, Rasman, menyatakan bahwa seminar tersebut bertujuan memberikan rangsangan dan semangat kepada pemuda agar dapat mengubah pola pikir mereka dari mental pekerja menjadi mental pengusaha.

“Dari seribu peserta seminar tersebut, Dispora Kaltim merucutkan jumlahnya menjadi 180 peserta yang menunjukkan minat dan bakat untuk mengikuti pelatihan lebih lanjut,” jelas Rasman.

Dalam tahap ini, pelatihan akan dilaksanakan di dua kecamatan, yaitu Long Mesangat dan Busang, Kabupaten Kutai Timur.

Pelatihan di Kecamatan Long Mesangat, yang dijadwalkan pada 13-17 November 2023, akan mencakup berbagai bidang seperti sablon dan desain, peternakan, tata boga, perbengkelan, dan makeup artist.

“Pelatihan di Kecamatan Busang, yang dijadwalkan pada 20-25 November 2023, akan melibatkan bidang seperti mengukir, perikanan, peternakan, dan perbengkelan,” jelasnya.

Inisiatif ini bertujuan untuk memberikan pemuda keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk membuka usaha sendiri.

Dispora Kaltim berkomitmen agar peserta pelatihan ini benar-benar memiliki minat dan keseriusan dalam menjalankan usaha setelah selesai pelatihan, sehingga dapat berkontribusi positif dalam pengembangan ekonomi daerah. (Lis/M. Jay/Adv/Dispora Kaltim)

Don`t copy text!