MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur (Kaltim) mengadakan pemilihan Organisasi Kepemudaan (OK) Berprestasi Tahun 2023. Inisiatif ini merupakan bentuk penghargaan dan apresiasi dari Dispora terhadap kontribusi yang diberikan oleh OK.

Mengikuti pedoman yang telah disusun oleh Dispora Kaltim, pemilihan OK ini bertujuan untuk mencari OK yang memiliki kemampuan dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan yang berkualitas, yang dapat mengatasi permasalahan masyarakat dengan cara yang kreatif, inovatif, dan mandiri.

Selain itu, OK diharapkan memiliki dampak positif bagi peserta atau penerima manfaat kegiatan, dengan memprioritaskan nilai-nilai luhur bangsa.

Proses pendaftaran OK berlangsung mulai 3 November 2023 hingga 20 November 2023. Terdapat sejumlah kriteria yang harus dipenuhi oleh OK yang ingin ikut dalam pemilihan ini. Beberapa kriteria tersebut antara lain:

1. Organisasi yang memiliki legalitas yang telah terbukti melalui akta notaris dan Surat Keterangan Terdaftar dari Kesbangpol.
2. Tidak bersifat perorangan dan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan.
3. Harus memiliki kepengurusan yang sah yang didukung dengan Surat Keputusan Kepengurusan dari tingkat yang lebih tinggi. (Contoh SK. Wilayah/Provinsi dari Pimpinan Pusat/Nasional) atau Organisasi Lokal/Provinsi yang dapat dibuktikan dengan SK dari Organisasi/instansi terkait.
4. Organisasi Kepemudaan wajib mencantumkan daftar jumlah anggota organisasi yang dapat dibuktikan minimal ada dalam struktur SK Kepengurusan.
5. Harus memiliki sekretariat dengan alamat yang jelas.
6. Wajib memiliki dokumen kelengkapan organisasi yang dapat dibuktikan dengan NPWP organisasi dan rekening bank atas nama organisasi.
7. Harus memiliki dan melaksanakan program/kegiatan yang memiliki dampak bagi masyarakat, khususnya yang membantu dalam menyelesaikan permasalahan masyarakat, terutama yang terkait dengan usaha pencapaian selama 2 tahun terakhir. Hal ini dapat dibuktikan dengan dokumentasi dan laporan kegiatan.
8. Harus memiliki prestasi dan aktivitas yang dapat dijadikan contoh bagi organisasi lain.

Proses pendaftaran dapat diakses melalui tautan https://bit.ly/OKPrestasi23. Pendaftaran akan secara otomatis ditutup pada 20 November 2023 pukul 23.59 WITA.

“Ayo, organisasi pemuda Kalimantan Timur, segera daftarkan organisasimu dan raih kesempatan total hadiah jutaan rupiah,” terang Dispora Kaltim dalam laman resminya.

Untuk mendorong partisipasi aktif, Dispora Kaltim memberikan hadiah uang pembinaan dengan total sebesar Rp 22 juta. Dispora Kaltim mengundang semua OK di seluruh Kalimantan Timur untuk bersama-sama mengikuti pemilihan ini. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di petunjuk teknis (juknis) melalui tautan https://ppid.disporakaltim.info/peraturan-peraturan.html. (Lis/M. Jay/Dispora Kaltim)

Don`t copy text!