MEDIABORNEO.NET, KUKAR – Wilayah Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim), prioritaskan pembangunan kebutuhan dasar, seperti listrik, air dan jaringan.

Hal itu langsung diungkapkan oleh Camat Anggana Renda Abadi, Pemerintah Daerah (Pemda), saat ini tengah fokus pada pembangunan prioritas mengenai kebutuhan dasar yang ada di wilayah Anggana.

Camat Anggana, Renda Abadi mengungkapkan, pihaknya telah mendorong bebagai pembangunan dasar mulai dari listrik, air dan jaringan telekomunikasi.

“Pembangunan yang utama kami bangun adalah kebutuhan dasar, mulai dari listrik, air, dan jaringan,” ujar Renda Abadi, Rabu (1/11/2023).

Ia menyadari, bahwa infrastruktur jalan yang baik akan menjadi sebuah prestasi, tetapi kehadiran fasilitas dasar yang memadai jauh lebih vital.

“Apalah artinya jika jalanan baik, tetapi kebutuhan dasar tidak terpenuhi, memprioritaskan kesejahteraan masyarakat di atas segalanya,” katanya.

Rendra juga mengungkapkan, Pemerintah Daerah (Pemda) juga telah memberikan perhatian khusus pada pembangunan di wilayah pesisir, seperti di Daerah Desa Sepatin, Muara Pantuan, dan Tani Baru.

“Di Desa Muara Pantuan, kami telah melakukan koordinasi bersama PLN, yang di mana listrik di sana kini dapat hidup selama 24 jam, meningkat dari sebelumnya hanya 12 jam,” ungkapnya.

Kata dia, untuk Desa Sepatin sendiri, Pemda telah mengalokasikan anggaran senilai 5 miliar rupiah untuk pemasangan jaringan dan pembelian mesin genset kapasitas besar di Desa Sepatin.

Terkait air bersih, lanjut dia, ada tiga desa tersebut memerlukan penampungan air bersih, dengan sumber air yang diambil dari Kutai Lama.

“Upaya ini juga merupakan bagian dari komitmen pemerintah dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat,” ucap Renda.

“Terkait air bersih juga di 3 desa tersebut memang harus dibuat penampungan air bersih, yang sumber airnya diambil dari kutai lama,” tambahnya.

Komitmen kuat Pemerintah Kecamatan Anggana untuk memastikan kebutuhan dasar terpenuhi dalam wilayahnya menjadi dorongan besar dalam pembangunan yang sedang berlangsung, memperlihatkan bahwa kesejahteraan masyarakat adalah prioritas utama.

“Harapan dengan semua bantuan yang telah diberikan, kami dapat membantu masyarakat di wilayah ini,” pungkasnya. (Aan/M.Jay/Adv/Diskominfo Kukar)

Don`t copy text!