MEDIABORNEO.NET, KUKAR – Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), memiliki potensi perikanan yang sangat besar. Sebagai daerah pesisir, besar penduduknya menggantungkan hidup dari laut, baik sebagai nelayan maupun pembudidaya ikan tambak.

Hasil tangkapan dan budidaya ikan tidak hanya memenuhi kebutuhan lokal, tetapi juga dikirim ke kota-kota besar di sekitarnya, seperti Balikpapan, Samarinda, dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Camat Samboja, Damsik mengatakan bahwa beberapa kelurahan di wilayahnya menjadi penghasil ikan terbesar di Kukar. Kelurahan tersebut yakni, Muara Sembilang, Tanjung Harapan, KualaSamboja dan Teluk Pemedas.

“Sebagian wilayah penghasil ikan terbesar di daerah itu,” kata Damsik, (1/11/2023).

Ia mengaku tidak mengetahui pasti berapa jumlah produksi ikan setiap bulannya di Samboja. Namun, produksinya sangat besar dan bahkan mampu memasok kebutuhan ikan di Kukar.

Para nelayan dan pembudidaya ikan menjual hasil ikannya baik langsung kepada konsumen maupun kepada para tengkulak di Samboja.

“Terkadang dari nelayan juga langsung menjual di tengkulak,” ucapnya.

Selain ikan, Samboja juga dikenal sebagai daerah penghasil rumput laut. Banyak pembudidaya rumput laut yang tersebar di sepanjang garis pantai yang mengelilingi Samboja.

“Daerah kita juga termasuk tempat budidaya rumput laut di Kukar,” tutupnya. (Aan/M. Jay/Adv/Diskominfo Kukar)

Don`t copy text!