MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Samarinda Sani Bin Husain mengatakan, penting bagi orangtua dan keluarga untuk mengenalkan buku kepada anak-anaknya sejak usia dini.

Menurutnya, dengan mengenalkan buku sejak anak usia dini akan bersampak positif bagi perkembangan otak. Anak-anak akan memiliki ketertarikan pada buku dan minat bacanya terus terasah.

Dengan demikian, kata dia, anak sebagai generasi penerus bangsa akan memiliki kecerdasan dari banyak ilmu atau informasi yang didapatnya dari banyak membaca.

“Mengenalkan anak pada buku penting dilakukan sejak usia mereka masih kecil, sehingga minat bacanya tumbuh. Dengan banyak membaca, mereka bisa menjadi pintar, karena banyak informasi yang didapatnya dari membaca buku itu. Ini sangat penting dilakukan orangtua,” ujarnya.

Dikatakannya, pemerintah sendiri melalui OPD terkaitnya telah maksimal meningkatkan minat baca, terutama yang dilakukan di satuan pendidikan. Diantaranya dengan menyediakan fasilitas, sarana dan prasarana perpustakaan daerah dan perpustakaan sekolah .

“Untuk Dinas Pendidikan, mereka sudah maksimal untuk merangsang minat baca, dengan memasukkan di kurikulum, membuat lomba. Tapi memang harus ada kesadaran dari orangtua, keluarga dan masyarakat itu sendiri untuk mengajarkan anak-anak sejak dini untuk mengenal buku, membaca buku,” pungkasnya. (Adv DPK Kaltim/Koko/M Jay)

Don`t copy text!