MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Dalam rangka memperingati HUT Pemuda Pancasila (PP) yang ke-63, Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) PP Kaltim bersama Komando Inti Mahatidana Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila Kaltim, DPW Srikandi Pemuda Pancasila Kaltim dan Komando Inti Mahatidana Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Samarinda menggelar berbagai kegiatan. Salah satu diantaranya adalah kegiatan bakti sosial dan gotong-royong di sejumlah titik di Kota Samarinda, Selasa (1/11/2022).

“Ini adalah satu kegiatan dari lima kegiatan yang telah dilaksanakan MPW PP Kaltim, yang bekerjasama dengan seluruh badan kita. Ada Komando Inti Mahatidana Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila Kaltim, DPW Srikandi Pemuda Pancasila Kaltim dan Komando Inti Mahatidana Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Samarinda dan ada badan-badan kita yang lain. Yang mana, kita saling bahu membahu dan bersinergi untuk melaksanakan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, ” ucap Sekretaris Pemuda Pancasila Kaltim Awang Yacoub Lukman, ditemui di sela-sela kegiatan.

“Alhamdulillah hari ini merupakan kerja bakti massal kita yang disubtetemakan menjadi gotong royong kebersamaan untuk kebersihan lingkungan di Kota Samarinda. Kegiatan ini diikuti oleh 10 MPC di kabupaten/kota, ” sambungnya.

Menurut dia, kegiatan gotong royong yang dilaksanakan ini juga sebagai upaya untuk mengurangi dampak banjir yang kerap terjadi di Kota Samarinda.

“Kita sudah sampaikan kepada Walikota, kita tunjukkan kebersamaan dan sinergi bahwa jika seluruh Ormas di Samarinda mau bahu membahu, saya pikir Samarinda mudah menyelesaikan masalah banjir, ” katanya.

Dengan keberadaan Pemuda Pancasila di Kaltim yang didukung oleh sedikitnya 50 ribu anggota, Awang Yacoub menyakini, organisasinya mampu membantu kerja-kerja pemerintah.

“Anggota kita tereksistensi 50 ribu, itu yang terupdate. Tapi jumlah sebenarnya lebih dari itu, karena masih banyak yang menggunakan kartu anggota lama. Dengan jumlah kader yang cukup, tinggal kita meningkatkan kualitas dan dapat membantu bersinergi dengan pemerintah, ” ujarnya.

Sementara itu, terkait peran Pemuda Pancasila untuk menyongsong kehadiran Ibukota Negara (IKN Nusantara), Awang Yacoub menyebut, pihaknya telah melakukan persiapan-persiapan untuk melakukan penguatan di internal, sebelum nantinya masuk ke IKN Nusantara.

“Sebelum berangkat, kami memperkuat eksistensi MPW PP Kaltim, baik yang di provinsi sampai di bawahnya. Setelah kita bisa memenuhi itu, MPW Kaltim juga mempersiapkan tim gugus tugas secara khusus untuk bagaimana kita turut serta dalam keberadaan IKN, ” imbuhnya.

Terpisah, Komandan Komando Inti Mahatidana Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila Kaltim H Sahabudin mengatakan, momentum peringatan HUT PP ke-63 tahun ini memberikan nilai positif kepada masyarakat, termasuk masyarakat Kota Samarinda.

“Sudah menjadi komitmen kami, untuk harus dapat memberikan kontribusi kepada seluruh masyarakat Kaltim. Utamanya dalam menjaga keutuhan Pancasila. Mudah-mudahan Pemuda Pancasila ke depan lebih eksis untuk seluruh kadernya, ” harapnya.

Pun kehadiran IKN Nusantara di Kaltim, Sahabudin memastikan pihaknya mendukung IKN Nusantara.

“Sudah jelas dan menjadi harga mati. Kami mendukung sepenuhnya untuk IKN, kita bumingkan bersama-sama IKN ini di keluarga besar Pemuda Pancasila, ” katanya.

“Bahwa Pemuda Pancasila ada di mana-mana dan tidak kemana-mana, bekerja untuk masyarakat dan kembali untuk masyarakat, ” timpal Ketua Komnado Inti Mahatidana Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Samarinda Dandri Dauri.

Penulis : Oen
Editor : M Jay

Don`t copy text!