MEDIABORNEO.NET, BALIKPAPAN – Menjawab kebutuhan peningkatan kegiatan event literasi di beberapa kabupaten/kota, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Kaltim HM Syafranuddin mengatakan, pihaknya akan membahas mengenai hal itu bersama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten/kota se-Kaltim.

Dikatakannya, beberapa waktu lalu dirinya menerima permintaan dilaksanakannya event literasi di Kota Balikpapan oleh masyarakat untuk mendongkrak literasi masyarakat di kota tersebut. Namun kata HM Syafranuddin, sebenarnya permintaan peningkatan event literasi tidak hanya dibutuhkan di Kota Balikpapan saja, melainkan juga di kabupaten/kota lain yang ada di Kaltim.

“Di Balikpapan memang permintaan event literasi sangat tinggi. Makanya, kami program yang begini, kita akan terjun ke kabupaten/kota untuk meningkatkan literasi. Nanti dalam rapat kerja kami akan bahas,” ujarnya.

Menurut mantan Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setdaprov Kaltim ini, sejak pandemi COVID-19 lalu, berbagai event memang dibatasi pelaksanaannya. Namun seiring dengan melandainya COVID-19, kegiatan masyarakat kembali diizinkan, sehingga termasuk event peningkatan literasi diizinkan untuk mulai kembali dilakukan.

“Seperti di Berau beberapa waktu lalu dan beberapa kota juga menyelenggarakan event literasi, juga Bontang yang menggelar event literasi, ini tentunya kami sangat mendukung dan ini akan kami masukkan dalam program kegiatan Dinas Perpustakaan Provinsi juga,” katanya.

Dia menambahkan, dengan adanya event-event peningkatan literasi, maka juga akan dapat menghidupkan UMKM yang ada di daerah tersebut, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Dengan digelar event literasi, kami berusaha untuk menghidupkan UMKM lokal juga kan, ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” imbuhnya. (Adv DPK Kaltim/Koko/M Jay)

Don`t copy text!