MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Setelah bermain apik pada laga final Kejuaraan Sepak Bola Wanita Piala Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) 2023 yang berlangsung di Stadion Kadrie Oening Samarinda, akhirnya tim sepak bola wanita dari Kota Samarinda “Gerilya Women FC” berhasil mengantongi gelar juara pertama, Selasa (21/11/2023).

Sementara itu, di posisi juara kedua adalah Kartanegara Women FC dari Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), dan juara 3 diraih oleh Tim Afika Women FC dari Kota Bangun, Kabupaten Kukar.

Selain mendapat piala dan medali, masing-masing pemenang juga mendapat uang pembinaan dari Pemprov Kaltim. Yaitu juara pertama mendapat Rp20 juta, juara kedua Rp10 juta, dan juara ketiga memperoleh Rp7,5 juta.

“Kami bersyukur karena kejuaraan ini selesai. Selama pertandingan sejak 15 November lalu hingga hari ini, semuanya berjalan dengan lancar,” ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim melalui Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kaltim Masturi Akbar Tapipullah.

Menurutnya, kejuaraan ini sangat berarti bagi tim sepak bola wanita di Kaltim, karena selain sebagai ajang mencari bibit unggul, juga menjadi pembinaan untuk meningkatkan prestasi olahraga.

“Sepak bola wanita Kaltim lolos di Pra-PON, sehingga melalui ajang Piala Gubernur Kaltim 2023 ini juga sebagai persiapan Kaltim menghadapi PON XXI yang akan digelar di Aceh dan Sumatera Utara pada 8 sampai 20 September 2024,” ujarnya.

Untuk informasi, event Sepak Bola Wanita Piala Gubernur Kaltim ini merupakan kejuaraan yang digelar untuk pertama kalinya. Selama ini memang sudah ada event olahraga piala Gubernur, tapi bukan untuk lomba wanita.

“Dua tahun lalu memang ada kejuaraan sepak bola wanita, tapi bukan piala Gubernur, namun Piala Pertiwi Cup Kaltim 2021. Sedangkan untuk Piala Gubernur Kaltim baru kali ini, khusus untuk sepak bola wanita,” tandasnya. (Oen/M.Jay/Adv/Dispora  Kaltim)

Don`t copy text!