MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Wali Kota Samarinda Andi Harun menegaskan, pihaknya akan melakukan penertiban PKL yang ada di folder Air Hitam sebelum nantinya melakukan penataan ulang, agar lebih tertata rapi.

Dikatakan mantan Legislator Karang Paci ini, langkah yang dilakukan oleh Camat Samarinda Ulu dan Satpol-PP untuk menertibkan PKL yang ada di lokasi tersebut sudah tepat.

“Kita akan melakukan penertiban, karena tata zona kawasan itu sudah sangat terancam beralih fungsi. Sehingga Camat melapor kepada saya dan apa yang dilakukan Camat sudah benar,” ucapnya, Kamis (10/3/2022).

“Saya meminta semua bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Satpol-PP juga sudah melapor pada saya soal itu,” timpal Wali Kota Andi Harun.

Dikatakannya, folder Air Hitam akan ditata ulang, termasuk menata kembali PKL yang akan berjualan di sana.

“Mulai tahun ini akan kita mulai penataan ulang. Memang pada waktunya nanti, zona pada kawasan itu ada yang kita tetapkan sebagai kawasan PKL, tapi tidak seperti sekarang yang sangat semrawut, mengambil hampir separuh ruang zona yang sesungguhnya,” terangnya.

Wali Kota Andi Harun menjelaskan, apa yang dilakukan oleh Pemkot Samarinda untuk menata kembali wilayah tersebut jangan dibenturkan pada PKL, seolah-olah pemerintah tidak pro pada PKL. Dikatakannya, semua Boleh melaksanakan kegiatan termasuk PKL selama tidak melanggar Perda.

“Memang ada yang sengaja membangun isu bahwa Pemkot tidak pro PKL, tapi bagi yang nalarnya sehat, yang memahami apa yang dilakukan pemerintah pasti akan menepis pihak-pihak yang sengaja membangun opini itu. Yang pasti, kita ingin menata kota agar baik,” katanya.

Wali Kota Andi Harun menegaskan, pihaknya juga akan menyelidiki oknum-oknum yang disebut-sebut ikut bermain di folder Air Hitam.

“Kita sedang selidiki apakah oknum tersebut memungut. Jika pada akhirnya aparat keamanan bisa berpungli, maka penegak hukum akan melakukan penyidikan,” tegasnya.

Penulis : Koko
Editor : M Jay

Don`t copy text!