MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Sekretaris Komisi II DPRD Kota Samarinda Novi Marinda Putri menyebut, potensi wisata sungai Mahakam sangat ideal untuk berbagai kegiatan yang dapat mendatangkan wisatawan dan mampu menyumbang pendapatan asli daerah, jika dikelola dengan maksimal.

“Memang salah satu potensi terbesar kota kota adalah sungai Mahakam,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, baru-baru ini.

Menurut dia, dengan penataan rapi dan unik di kawasan pemukiman sepanjang bantaran sungai Mahakam, akan menambah estetika.

“Tapi penanganan harus ekstra. Maksudnya, di daerah Seberang itu masih banyak rumah-rumah penduduk, tidak perlu digusur tapi dipercantik,” katanya.

Namun, fakta yang terjadi saat ini, lanjut Novi, pengelolaan terhadap potensi wisata sungai Mahakam belum tergarap dengan maksimal.

Untuk itu, dirinya mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda melalui OPD terkait untuk membuat inovasi-inovasi terbaru.

“Sekarang bagaimana kita mau menjual sungai kita kalau penataan dari sisi sungai tidak ada yang menarik. Dinas Pariwisata harus ekstra melakukan studi banding atau membuat inovasi, untuk melihat potensi sungai Mahakam bisa mendatangkan PAD Samarinda,” terangnya.

“Contohnya wisata perahu Gubang. Peminatnya sangat sedikit sekali, karena memang belum ada yang menarik, itu hanya jalan-jalan di sungai saja,” timpalnya.

Dengan penataan yang baik, penggalian potensi wisata yang terus diperbaharui serta promosi-promosi gencar dilakukan, Novi menyakini, potensi wisata sungai Mahakam akan “naik daun” hingga menghasilkan pundi-pundi untuk daerah.

“Sungai kita ini belum menjual ke masyarakat dan masyarakat juga enggan menggunakan, jadi bagaimana masyarakat mau mempromosikan ke luar. Pariwisata ini harus ekstra dipercantik sehingga wisatawan berminat,” pungkasnya. (Advetorial)

Penulis : Koko
Editor : M Jay

Don`t copy text!