MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Ketua Komisi IV DPRD Kota Samarinda, Sri Puji Astuti memandang penting untuk memberikan pendidikan berkarakter pada anak sejak dini.

Menurut dia, orang tua dan keluarga harus selalu memperhatikan tumbuh kembang dan pendidikan karakter anak-anak mereka, sebagai upaya penguatan karakter dan akhlak, sehingga ke depannya anak-anak akan memiliki karakter yang baik.

“Pendidikan ini dimulai dari rumah, lingkungan dan sekolah. Diharapkan, pendidikan karakternya akan terbentuk dengan baik. Kalau hanya diterima di sekolah saja, mungkin hak memperoleh pendidikan terpenuhi, tapi kita juga harus pastikan bahwa anak tumbuh dengan karakter yang baik, sehingga juga butuh peran penting dari orang tua,” terangnya.

Dikatakannya, dari banyaknya kejadian kekerasan yang disebabkan oleh anak berprilaku buruk, menjadi keprihatinan yang sangat besar. Sehingga, anak-anak harus mendapatkan perhatian dan pendidikan karakter sejak dini, dari lingkungan keluarga. Hal ini sebagai upaya untuk pencegahan.

“Maka saya katakan pentingnya rumah dan sekolah sebagai tempat yang aman bagi anak. Semoga kondisi ini bisa menjadi perhatian, agar tidak lagi ada anak di Samarinda yang menjadi korban,” katanya.

Selain peran pihak sekolah dan orang tua, Puji Astuti juga meminta pemerintah untuk mengambil kebijakan yang mendorong peningkatan kualitas pendidikan di Samarinda, khususnya dalam meningkatkan mutu pendidikan.

“Supaya membawa dampak yang baik untuk pertumbuhan karakter anak,” pungkasnya. (Adv/Koko/M Jay)

Don`t copy text!