MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Ketua Komisi IV Sri Puji Astuti menilai, perpustakaan yang dimiliki oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda masih belum memadai, baik dari fasilitas, sarana dan prasarananya.

“Perpustakaan kita ini tidak memadai, baik itu ruangannya, buku-bukunya dan pengelolaanya. Karena perpustakan harus tempatnya yang nyaman, bersih, udaranya, sirkulasinya bagus, bukunya tertata bagus, buku yang tersedia juga harus representative, sesuai dengan keadaan zaman sekarang,” ujarnya.

Menurut Puji, seharusnya untuk pengelola perpustakaan disiapkan dari sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kemampuan di bidang perpustakaan, sehingga tujuan perpustakaan tersebut sesuai dengan keberadaannya bagi masyarakat.

“Kalau yang ada sekarang, tenaga perpustakaan hanya guru biasa. Padahal yang kita perlukan adalah Pustakawan di setiap sekolah,” katanya.

Puji menyebut, salah satu contoh perpustakaan sekolah yang dinilainya sudah cukup bagus di Kota Samarinda ini diantaranya adalah perpustakaan sekolah MAN 2 Samarinda.

“Saya melihat perpustakaan yang bagus ada di MAN 2, bagus sekali. Informasinya, mereka mendapatkan bantuan dana, itu yang kami inginkan, bahwa di setiap sekolah harus ada perpustakaan. Di depan ada anak-anak membaca dengan ruangan yang bagus,” pungkasnya. (Adv DPK Kaltim/Koko/M Jay)

Don`t copy text!