MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Seiring perkembangan kemajuan teknologi digital, menggiring masyarakat untuk semakin mudah mengakses segala informasi, salah satunya melalui gadget.

Mulai orang dewasa hingga anak-anak semakin akrab dan tidak terpisahkan dari gadget.

“Gadget ini tidak bisa kita larang, semakin berkembangnya kemajuan era digital, berbagai informasi ada di sana. Ini juga menyangkut masalah kecerdasan digital, ” ujar Wakil Ketua DPRD Kota Samarinda Rusdi.

“Dulu saya masih menggunakan mesin tik 10 jari, tetapi sekarang sudah berbeda. Gadget memang tidak bisa dihindari, ” sambungnya.

Namun begitu, Rusdi mengingatkan kepada masyarakat, khususnya yang memiliki anak-anak agar dapat melakukan pengawasan penggunaan gadget pada anak-anaknya.

Dikatakan, tampilan informasi dari gadget tidak selalu hal yang positif saja, tetapi banyak informasi yang justru dapat merusak pemikiran anak-anak. Bahkan dengan aplikasi game, dapat membuat anak menjadi kecanduan.

“Yang diperlukan sekarang itu bagaimana pengawasan teknologi, karena itu tidak bisa dibendung. Yang tidak bisa memanfaatkan teknologi, pasti akan ketinggalan, ” katanya.

“Cuma memang perlu pengawasan untuk anak-anak. Dalam gadget ini memang ada konten yang sifatnya negatif, itu yang perlu bagi kita sebagai orangtua untuk melakukan pengawasan pada anak-anak kita, ” kata Rusdi lagi.

Dia menambahkan, perkembangan teknologi digital juga mampu menghilangkan beberapa pusat informasi dari media koran, radio hingga televisi.

“Gadget ini sudah menghilangkan beberapa pusat informasi dari televisi, koran. Bahkan kita tidak perlu duduk di ruang tamu bersama keluarga menonton TV. Melalui gadget, semua informasi sudah bisa kita dapat, ” pungkasnya. (Adv/Koko)

Don`t copy text!