MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Ya’qub baru-baru ini menerima kunjungan dari gabungan Mahasiswa Angkatan 2019 – 2022 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip), Universitas Mulawarman (Unmul), di ruang rapat Gedung E DPRD Kaltim.

Kunjungan tersebut diinisiasi oleh Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik (Himanislik). Tujuan untuk berdiskusi dan memperoleh pemahaman lebih dalam mengenai administrasi publik bersama anggota DPRD Kaltim.

Tema yang diangkat dalam pertemuan tersebut adalah Institutional Visit II “Himanislik Goes To DPRD Kaltim”.

Rusman Ya’qub mengatakan, menimba ilmu adalah hal penting yang harus dilakukan setiap orang, pun termasuk berorganisasi. Namun demikian, dia mengingatkan untuk tidak melupakan kewajiban menimba ilmu.

Tetapi kata Rusman, ilmu yang dipelajari ketika di bangku kuliah, kerap kali tidak sama dengan yang akan dihadapi di lapangan. Sehingga, penting bagi mahasiswa untuk menggali ilmu dan wawasan di luar dari ilmu yang diterimanya di universitas.

“Studi di luar kampus itu sangat diperlukan, karena kita harus memahami bagaimana teori-teori akademis berbanding dengan praktik, terutama dalam konteks bernegara dan pemerintahan,” ujarnya.

Rusman menyebut, teori-teori akademis bisa saja menjadi usang karena perubahan zaman. Oleh karena itu, ia mendorong mahasiswa untuk aktif mencari ilmu di luar mata kuliah mereka.

“Sering kali kita terkejut, karena perbedaan antara idealisme teori dan kenyataan yang terkadang berbeda. Bukan berarti teori itu salah, karena teori lahir dari proses yang panjang. Tapi teori bisa saja menjadi usang tergantung pada perkembangan zaman. mari aktif dalam mencari pengetahuan,” katanya.

Dia menambahkan, pentingnya menggabungkan teori dan praktik, serta memahami bahwa pendidikan tidak hanya terjadi di dalam kelas, namun juga di luar kampus.

“Semangatnya untuk menekankan pentingnya mahasiswa aktif dalam mencari pengalaman di luar perkuliahan ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi generasi mahasiswa Unmul dan seluruh Indonesia,” pungkasnya. (HK/M.Jay/Adv/DPRD Kaltim)

Don`t copy text!