MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Setelah resmi dibuka beberapa waktu lalu, gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dipursip) Kota Samarinda yang berada di Jalan Kesuma Bangsa ini tak pernah sepi dari kehadiran Pemustaka.

Selain memiliki ribuan koleksi buku-buku baru, desain gedung yang unik menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Bahkan setiap harinya gedung Dipursip Kota Samarinda selalu menerima kunjungan dari rombongan pelajar sekolah, mahasiswa maupun peneliti dari berbagai daerah yang sedang melakukan berbagai riset di Samarinda.

“Kalau dari pengunjung, trendnya bagus dan mengalami peningkatan. Tidak tahu juga, apakah karena gedungnya yang bagus, tapi masih banyak juga yang belum tahu kalau ini adalah gedung perpustakaan,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Samarinda Erham Yusuf.

Menurutnya, kunjungan tidak hanya ramai di gedung perpustakaan saja, tetapi juga akun media sosial milik Dipursip Kota Samarinda banyak diakses publik.

“FB dan IG kami sekarang juga sudah aktif dan banyak dikunjungi. Ini menjadi penyemangat kami, bahwa inspirasi dan ide baru sehingga kita menjadi lebih berdaya guna. Dari sini juga, akan membuat orang minat membaca apa yang dia inginkan. Kemudian dia mencoba ekspansi, tidak lagi membaca koleksi buku, tapi dia ke perpustakaan mencari literasi untuk yang lain,” katanya.

Erham Yusuf mengatakan, di perpustakaan yang dipimpinnya ini, hingga akhir tahun 2022 ini pihaknya akan kembali melakukan pengadaan buku edisi terbaru berbagai koleksi judul sebanyak 100 hingga 200 judul buku.

“Kita kemarin juga dapat bantuan dari pusat sebanyak 750 judul buku 1.500 exsempal. Kemudian ada juga sumbangan dari masyarakat, makanya kita gencar dan sosialkan itu,” katanya lagi.

Untuk itu, Erham Yusuf berharap minat kunjung ke perpustakaan semakin tinggi, agar generasi muda di Samarinda semakin mencintai literasi. (Adv29/Koko/Oen)

Don`t copy text!