MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo mengatakan, semua warga Indonesia memiliki hak yang sama, termasuk penyandang disabilitas. Walaupun diakui, banyak dari fasilitas publik saat ini kurang ramah dengan penyandang disabilitas.

“Fasilitas juga harus disediakan. Contoh, gedung layanan publik harus ada yg memfasilitasi mereka, seperti ada jalur khusus untuk kursi roda. Selain itu, hak disabilitas terhadap politik, mereka juga mempunyai hak yang sama, dipilih maupun memilih,” ujarnya baru-baru ini.

“Kita juga punya Anggota Dewan dulu yang memperjuangkan ini, ibu Ani Juariah, beliau juga mempunyai keterbatasan tapi bisa menjadi Anggota Dewan mewakili masyarakat,” sambungnya.

Dikatakan Sigit, seharusnya setiap warga dapat saling mendukung dan memotivasi. Dukungan juga seharusnya bisa diberikan kepada penyandang disabilitas.

Pemerintah daerah, lanjut dia, juga harus memberikan perhatian, khususnya untuk pemenuhan fasilitas, sarana dan prasarana ruang publik yang ramah terhadap penyandang disabilitas. Apalagi mengenai hal ini juga telah dituangkan dalam Undang-Undang dan di Kaltim sendiri, masuk dalam visi Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim.

“Pemerintah dalam hal ini juga telah memberikan jaminan kepada mereka. Termasuk Perda, Pergub kita juga mengatur ini. Bagaimanapun mereka memiliki hak yang sama seperti kita,” tandasnya. (Adv/Koko/Oen)

Don`t copy text!