MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur (Kaltim), Agus Hari Kesuma (AHK), menekankan signifikansi pendidikan tinggi bagi para atlet di Benua Etam.

Menurut AHK, setiap individu memiliki bakat istimewa yang perlu dikembangkan, terutama dalam kecerdasan kinestetik-jasmani.

Dalam konteks ini, AHK menyuarakan pentingnya memberikan pendidikan khusus sesuai dengan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional.

“UU itu memberikan hak kepada warga negara dengan potensi kecerdasan dan bakat istimewa untuk memperoleh pendidikan khusus,” ujar AHK, baru-baru ini.

AHK menegaskan perlunya perguruan tinggi di Benua Etam untuk menyediakan kelas eksekutif khusus bagi pelaku olahraga.

Ia menilai bahwa jurusan yang dipilih oleh atlet-atlet dapat bervariasi, yang terpenting adalah adanya kelas eksekutif yang mendukung mereka dalam mengejar pendidikan tinggi.

Sementara sebagian besar atlet di provinsi lain sudah memperoleh gelar sarjana, situasinya berbeda di Kaltim, di mana jumlah atlet yang telah mengejar pendidikan tinggi masih terbatas.

“Universitas Mulawarman menjadi salah satu pilihan perguruan tinggi yang kami pertimbangkan untuk menjalin kerjasama dalam membuka kelas khusus bagi atlet,” bebernya.

AHK menyoroti kerjasama yang telah terjalin di institusi seperti STMIK Wicida, khususnya dengan jurusan IT, sebagai contoh inisiatif untuk mendukung atlet dalam mengejar pendidikan tinggi.

AHK menyampaikan permintaan untuk membuka kelas eksekutif khusus bagi pelaku olahraga, dengan harapan bahwa ini akan memberikan lebih banyak atlet di Benua Etam kesempatan untuk mengejar pendidikan tinggi.

“Melalui kelas khusus dan kolaborasi yang lebih lanjut, diharapkan atlet-atlet Kaltim dapat meraih prestasi olahraga sekaligus memperoleh gelar sarjana,” tandasnya. (Lis/M. JayAdv/Dispora Kaltim)

Share
Don`t copy text!