MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Sejak pagi, siswa-siswi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) As-Sumayyah semangat menyambangi Gedung Perpustakaan Daerah Kaltim, yang berada di Jalan Ir Juanda, Samarinda untuk berwisata literasi, Kamis kemarin (23/2/2023).

Bersama dengan Kepala Sekolah PAUD As-Sumayyah, Sunarsih dan guru-guru pendamping, sebanyak 13 siswa siswi disambut penuh kehangatan dari Pustakawan Perpustakaan Daerah Kaltim.

Mereka diajak masuk ke ruang layanan anak yang berada di lantai satu, yang mana di ruangan tersebut tersedia berbagai macam koleksi buku kesukaan anak-anak dan memang sengaja didesain nyaman dan ramah anak.

Pemustaka juga membacakan dongeng menarik untuk siswa siswi PAUD As-Sumayyah. Selain itu, mengajak senam sehat, bernyanyi bersama hingga permainan berhadiah. Siswa siswi semakin antusias mengikuti wisata literasi ini.

Tidak hanya itu saja, mereka juga diajak berkeliling perpustakaan, diajarkan bagaimana cara mendaftar menjadi anggota perpustakaan hingga pencetakan kartu anggota perpustakaan. Mereka juga diperkenalkan koleksi bacaan yang ada di ruang terbitan berkala.

Pustakawan ruang layanan anak, Maulida mengatakan, hampir setiap harinya Perpustakaan Daerah Kaltim menerima kunjungan dari siswa siswi sekolah, mulai dari tingkat PAUD, SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi.

Menurut dia, sejak pandemi COVID-19 turun dan layanan perpustakaan kembali dibuka, khususnya ruang layanan anak Perpustakaan Daerah Kaltim tak pernah sepi dari kunjungan siswa untuk melaksanakan wisata literasi.

“Kami senang dengan hadirnya anak-anak, suasana terlihat ramai dan tidak sepi, makanya kami memberikan dongeng dan hadiah supaya anak-anak menjadi semangat,” katanya.

Maulida berharap, pengenalan akan perpustakaan sudah mulai diberikan kenapa anak-anak sejak ini, sehingga menumbuhkan minat baca. Dengan demikian, pengetahuan dan kecerdasan generasi muda Indonesia juga akan semakin meningkat.

“Saat ini jaman semakin maju, dengan gadget sudah bisa membaca. Kami berharap anak-anak ini bisa membaca atau meminjam buku di perpustakaan ini,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Sekolah PAUD As-Sumayyah, Sunarsih mengatakan, dari kegiatan wisata literasi ini, siswa siswinya sangat antusias. Dengan wisata literasi di Perpustakaan Daerah, pengetahuan dan pengalaman siswa siswinya semakin bertambah.

“Alhamdulillah anak-anak senang, bahkan ada yang tidak pulang, ada juga yang minta untuk datang lagi karena bisa bermain sambil belajar,” katanya.

Menurutnya, direncanakan siswa siswi yang akan mengikuti wisata literasi ke Perpustakaan Daerah Kaltim sebanyak 30 orang, namun beberapa diantaranya tidak bisa hadir karena berbagai hal.

“Anak PAUD sebenarnya ada 30, cuma ada kendala hadir, jadi hanya 13 saja yang ikut. Sebelumnya juga ada agenda seperti ini dengan Dinas Pemadam Kebakaran, tapi untuk kunjungan ke perpustakaan akan kita agendakan lagi,” imbuhnya. (Adv DPK Kaltim/Koko/M Jay)

Don`t copy text!