MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Wakil Ketua DPRD Kota Samarinda Subandi mengatakan pelaksaan Pemilu tahun 2024 sudah di depan mata. Berbagai tahapan pelaksaan Pemilu oleh pihak terkait, yakni KPU juga sudah berjalan.

Khusus di daerah, penguatan dan sinergitas yang ada di daerah dilakukan, termasuk sosialisasi kepada partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2024 juga digencarkan.

Wakil Ketua DPRD Kota Samarinda Subandi mengatakan, sejauh ini KPU Kota Samarinda telah melaksanakan sosialisasi terkait verifikasi faktual (Verfak) kepada seluruh Parpol peserta Pemilu 2024.

“KPU Samarinda baru saja menyelenggarakan sosialisasi tentang verifikasi faktual Parpol. Ini penting untuk diketahui oleh seluruh Parpol peserta Pemilu 2024, khususnya bagi Parpol baru, karena pada Pemilu 2024 nanti ada sebanyak 11 Parpol baru yang telah dinyatakan lolos seleksi administri oleh KPU dan berhak ikut berkompetisi di Pemilu 2024 mengetahui bagaimana aturan untuk berkompetisi yang benar nantinya, agar pesta demokrasi dapat berjalan dengan baik,” ujarnya pada awak media, Jumat (14/10/2022).

Masih kata Subandi, pelaksanaan tahapan verifikasi faktual Parpol akan dimulai sejak tanggal 16 Oktober sampai 4 November 2022 mendatang.

“11 Parpol ini harus dan wajib ikut menjalani verifikasi faktual yang akan diselenggarakan oleh KPU Kota Samarinda,” katanya.

Dia berharap, seluruh Parpol peserta Pemilu 2024 dapat disiapkan dengan matang, agar tidak ada kelengkapan dokumen yang menjadi syarat lolosnya Parpol peserta Pemilu menjadi kendala untuk mengikuti ajang pesta demokrasi Pemilu 2024.

“Tentunya persiapan Parpol baru khususnya, harus harus benar-benar dipersiapakan untuk melengkapi kelengkapan yang menjadi syarat lolosnya sebagai kontestan Parpol 2024,” tutupnya. (adv/Koko/Oen)

Don`t copy text!