MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Ketua Komisi II DPRD Kaltim Nidya Listiyono mengatakan, diantara upaya untuk meningkatkan kesejahtraan dan keselamatan nelayan, penting untuk dilaksanakannya pelatihan dan penggunaan teknologi.

Dikatakannya, intensifnya pelatihan yang diberikan pada nelayan, maka akan dapat meningkatkan hasil tangkapan para nelayan sehingga hal ini akan selaras dengan meningkatnya perekonomian para nelayan.

“Kami sudah sampaikan ini dengan Dinas kelautan dan Perikanan terkait hasil tangkapan para nelayan. Dari data yang diberikan kepada kami, jumlah nelayan di Kaltim cukup banyak, sehingga perlu ada upaya untuk memaksimalkan potensi mereka,” ujarnya.

Diungkapkannya, pentingnya teknologi dalam mendukung aktivitas dan tingkatkan kesejahteraan nelayan, terutama dalam hal membaca cuaca dan mendeteksi keberadaan banyaknya ikan.

“Kita berharap OPD terkait dapat membuka wawasan nelayan agar lebih memahami benar pentingnya mengetahui kondisi cuaca, sebelum pergi melaut demi menjaga keselamatan nelayan. Di samping itu, teknologi juga dapat membantu nelayan untuk menemukan lokasi yang banyak ikan, sehingga dapat meminimalisir kecelakaan laut dan hasil tangkapan nelayan menjadi lebih banyak,” ujarnya.

Dengan memberikan bantuan kepada nelayan, makin banyak dan baiknya hasil tangkapan ikan oleh nelayan, maka akan berdampak pada kenaikan pendapatan daerah.

Kata Nidya, untuk menunjang kerja para nelayan, DPRD Kaltim banyak memberikan bantuan, mulai dari bantuan kapal, mesin dan sebagainya.

“Tentu hal itu menjadi salah satu tujuan kami, maka dari itu DPRD Kaltim selalu menyiapkan pos anggaran bagi nelayan baik yang dialokasikan untuk pelatihan, peningkatan kapasitas maupun untuk pengadaan sarana dan prasarana,” pungkasnya. (Hk/M. Jay/Adv/DPRD Kaltim)

Don`t copy text!