MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Wakil Ketua DPRD Samarinda, Subandi menyebut, salah satu potensi besar yang dimiliki Kota Samarinda namun masih belum sepenuhnya dieksplorasi adalah sektor pariwisata.

Menurut Subandi, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda harusnya dapat memanfaatkan dengan optimal keindahan dan daya tarik wisata yang dimiliki kota ini untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dikatakannya, Pemerintah Kota Samarinda terus didorong untuk mengambil langkah-langkah strategis untuk dapat mengelola sektor pariwisata dengan lebih cekatan dan inovatif.

Sebagai daerah penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN), peran Kota Samarinda sangat besar untuk benar-benar menggali seluruh potensi wisata yang dimiliki. Karena ini menjadi peluang besar untuk memperoleh manfaat ekonomi dari sektor pariwisata tersebut.

“Potensi wisata harus dioptimalkan sepenuhnya, terutama mengingat status IKN yang baru diberikan kepada Kalimantan Timur,” katanya.

Subandi juga mengingatkan, perlunya keterlibatan instansi terkait yang lebih proaktif, agresif, dan inovatif dalam mengelola potensi pariwisata di Samarinda. Meskipun kaya akan keindahan alam, Kota Samarinda dianggap masih memiliki keterbatasan fasilitas rekreasi.

Subandi menambahkan, penerapan strategi maksimal dalam pengelolaan sektor pariwisata tidak hanya akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), tetapi juga akan memberikan dampak positif dalam menciptakan lapangan kerja dan memperkuat perekonomian lokal.

Ia menekankan perlunya peningkatan keterlibatan instansi terkait secara signifikan.

“Instansi terkait harus lebih proaktif, agresif, dan inovatif dalam mengelola potensi pariwisata yang ada. Meskipun alam Samarinda begitu luas, namun fasilitas rekreasi masih perlu ditingkatkan,” imbuhnya. (Koko/M.jay/Adv/DPRD Samarinda)

Don`t copy text!