MEDIABORNEO.NET, BALIKPAPAN – Sejak Rabu pagi ini (16/3/2022), sejumlah titik di kawasan Balikpapan tergenang banjir hingga menyebabkan aktivitas warga lumpuh total, terparah terjadi di Jalan MT Haryono dan Jalan Beller.

Ini diakibatkan oleh derasnya guyuran hujan yang melanda Kota Balikpapan sejak tadi malam.

Di beberapa lokasi pemukiman warga, ketinggian air bahkan mencapai sepinggang orang dewasa. Tak hanya itu saja, akibat kejadian itu, salah satu rumah warga mengalami kerusakan setelah ditimpa pagar beton rumah makan.

Belasan warga yang terdiri dari lansia, wanita dan anak-anak terpaksa dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Sementara itu, puluhan petugas dari TNI-POLRI, Basarnas Kaltim, Tagana Kaltim, BPBD dan relawan dikerahkan untuk melakukan evakuasi terhadap warga.

Sekitar pukul 11.37 Wita, Gubernur Kaltim Isran Noor tampak meninjau lokasi banjir untuk melihat dari dekat kondisi pemukiman warga.
Dengan menaiki sebuah perahu milik Basarnas Kaltim, Gubernur Isran Noor berkeliling lokasi banjir.

“Kelihatannya air cepat turunnya. Tadi pas saya masuk, air di atas jalan, tapi setelah keluar, air sudah surut. Mudah-mudahan cepat surut,” harapnya.

Ditanya mengenai alokasi anggaran penanganan banjir di Balikpapan, mantan Bupati Kutim ini mengatakan, pos anggaran penanganan telah disiapkan melalui APBD provinsi. Yang mana, saat ini telah dikerjakan penanganannya dan belum selesai.

“Ini dibantu dana Bankeu, karena terbatas anggaran. Ada pembuatan parit dari APBD provinsi, termasuk parit yang di dalam, tapi airnya luar biasa sehingga tidak ketampungan. Kebetulan juga proyeknya belum selesai. Tapi yang pasti kita lakukan bertahap sesuai kemampuan,” ujar Gubernur Isran Noor.

Tak hanya orang nomor satu di Kaltim saja yang meninjau lokasi banjir, tetapi juga Wali Kota Balikpapan Rahmat Mas’ud dan istrinya, Nurlena Rahmat Mas’ud juga turun ke lokasi banjir dan memberikan bantuan sembako bagi warga yang terdampak banjir di kawasan Graha Mulawarman, Manggar, Balikpapan Timur.

Terpisah, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Balikpapan (Basarnas Kaltim) telah menurunkan sebanyak dua tim untuk turun ke lokasi banjir, guna melakukan proses evakuasi terhadap warga.

“Pukul 12.38 Wita, tim kembali dari evakuasi 4 orang warga, yaitu 2 orang dewasa, 1 orang lansia dan 1 orang balita,” katanya.

Penulis : Koko
Editor : M Jay

Don`t copy text!