MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Samarinda, Deni Hakim Anwar mengatakan, upaya membentuk jiwa patriotik sejak dini kepada generasi muda Kota Samarinda sangat diperlukan, sehingga tumbuh rasa kecintaan terhadap bangsa dan negara.

Untuk itu, kata dia, peran pemerintah melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Samarinda sangat diperlukan untuk mewujudkan hal tersebut.

“Harus ada satu metodologi yang digunakan oleh pemerintah, agar anak-anak ataupun generasi muda kita itu cinta kepada negara,” katanya.

Deni menyebut, kurikulum pendidikan, termasuk mata pelajaran seperti PMP (Pendidikan Moral Pancasila), PKN (Pendidikan Kewarganegaraan), dan PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan), memiliki peran penting untuk memperkenalkan tanah air kepada generasi muda.

“Kita sangat memerlukan kegiatan dan pelajaran yang dapat mendidik generasi muda mengenai nilai kecintaan terhadap negara. Sederhananya menyanyikan lagu kebangsaan itu dapat menumbuhkan rasa cinta dan jiwa patriotik terhadap negara, terutama di era gejolak geopolitik dunia yang dapat berubah dengan cepat,” ujarnya.

Pemerintah, terutama Disdik diminta untuk mengaktifkan kegiatan dan pelajaran yang berkaitan cinta terhadap negara Indonesia.

“Dengan generasi muda yang memiliki kecintaan kepada bangsa dan negara, maka bangsa kita akan semakin kuat dan tidak mudah diganggu,” pungkasnya. (Adv/Koko/M Jay)

Don`t copy text!