MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Puji Setyowati mendukung upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda untuk meraih predikat Kota Layak Anak (KLA).

Dikatakannya, untuk benar-benar mewujudkan hal tersebut, kata Puji, perlu adanya dukungan dan kontribusi dari seluruh pihak.

“Untuk mewujudkan Kota Layak Anak, semua dinas instansi terkait harus berkontribusi di dalamnya,” ujarnya, Senin (20/11/2023).

Kata Puji, untuk mendukung terwujudkan Kota Layak Anak di Samarinda, banyak hal yang harus menjadi perhatian. Diantaranya, tempat-tempat umum harus menyediakan fasilitas khusus untuk anak yakni Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan ruang bermain anak karena anak-anak usia 0-7 tahun itu 70 persen waktunya adalah permainan edukatif.

“Karena untuk mempersiapkan kota layak anak di seluruh kabupaten/kota tidak hanya berupa intrastruktur tetapi juga dalam hal pendidikan karakter menjadi perhatian khusus,” katanya.

Untuk itu, Puji menyarankan, dalam mewujudkan Kota Layak Anak, langkah utamanya adalah dengan mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat menjadi edukasi. Salah satunya adalah dengan membentuk volunteer dan tokoh-tokoh yang dapat menjadi contoh baik untuk anak-anak.

“Banyak hal yang harus benar-benar dipersiapkan untuk mewujudkan Kota Layak Anak ini. Tentunya ini juga harus mendapat dukungan seluruh pihak,” tutupnya. (Hk/M.Jay/Adv/DPRD Kaltim)

Don`t copy text!