MEDIABORNEO.NET, KUKAR – Sebuah kapal klotok pengangkut batubara tenggelam setelah terlibat aksi kejar-kejaran dengan kapal lainnya di Perairan Muara Kaily Sts Muara Berau, Kukar pada Rabu pagi kemarin yang mengakibatkan kapal klotok tenggelam. Dua orang ABK dilaporkan hilang dalam kejadian tersebut.

Mereka adalah Pandi (35), warga Handil D RT 2, Kabupaten Kukar dan Adel (35), warga Handil D, Kukar.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Balikpapan (Basarnas Kaltim) baru menerima informasi kejadian pada Kamis petang kemarin dan langsung menindaklanjuti dengan menurunkan tim dari Unit Rescue Siaga SAR Samarinda melaksanakan operasi pencarian.

Informasi dari Basarnas Kaltim, sebelum kejadian pada Rabu (12/4/2023) sekitar pukul 04.10 Wita, kapal klotok pengangkut batubara berpenumpang 6 orang ABK terlibat kejar-kejaran dengan kapal TB Kaltim 17-07 di sekitar Perairan Muara Kaily Sts Muara Berau.

Diduga karena keberatan muatan, akhirnya kapal klotok karam dan tenggelam. Menyadari kapalnya akan tenggelam, 6 ABK kapal klotok berupaya menyelamatkan diri. Tapi naas, kapal tersebut keburu tenggelam. Pandi dan Adel tak mampu menyelamatkan diri. Sedangkan 4 orang rekannya berhasil diselamatkan ABK Kapal Dolphin 16 yang kebetulan melintas di lokasi kejadian saat peristiwa tersebut.

“Laporan kejadian kami Terima Kamis sekitar 17.25 Wita. Saat ini Unit Siaga SAR sudah berada di lokasi kejadian dan akan memulai operasi pencarian pagi hari ini, ” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Balikpapan Melkianus Kotta.

Penulis : Oen
Editor : M Jay

Don`t copy text!