MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Ketua Komisi IV DPRD Samarinda Sri Puji Astuti menyoroti sejumlah fasilitas umum di Samarinda yang belum ramah terhadap penyandang disabilitas.

Tidak hanya terjadi di sejumlah fasilitas layanan publik, tetapi juga fasilitas umum. Padahal kata dia, telah ada regulasi yang mengatur tentang pemenuhan hak bagi penyandang disabilitas melalui Perda Nomor 6 Tahun 2018.

“Semua kantor-kantor instansi seharusnya menyiapkan fasilitas itu (fasilitas ramah disabilitas, red), termasuk menyiapkan kursi roda dan menyiapkan tongkat bagi saudara-saudara kita yang memiliki keterbatasan, ” katanya.

“Yang terjadi ini adalah banyak pembangunan gedung kantor instansi, tapi tidak ramah pada penyandang disabilitas, ” sambungnya.

Dikatakannya, Komisi IV DPRD Samarinda sudah sering kali memberikan masukkan dan usulan terhadap pemerintah untuk juga mempertimbangkan pembangunan yang ramah disabilitas.

“Dari beberapa gedung yang dibangun, saya sudah pernah memberikan usulan untuk memberikan fasilitas kemudahan bagi disabilitas. Kita juga sudah mengundang Ketua PPDI (Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia) provinsi Kaltim untuk itu, ” terangnya.

Untuk itu, Puji kembali berharap kepada pemerintah untuk juga memperhatikan penyandang disabilitas, baik dari kebutuhan fasilitas kemudahan infrastruktur dan sebagainya. (Adv/Koko)

Don`t copy text!