Kajati Kaltim Siap Jalankan Amanah Jaksa Agung, Kawal IKN

MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kaltim Hari Setiyono didampingi Wakil Kepala Kejati Kaltim Amiek Mulandari menggelar acara konfrensi pers, yang dilaksanakan di Aula Gedung Kejati Kaltim, Jalan Bung Tomo, Samarinda Seberang pada Kamis (9/2/2023).

Kepada awak media, Kajati Kaltim Hari Setiyono menyampaikan, setelah dirinya resmi mengemban amanah menjabat sebagai Kepala Kejati Kaltim, siap bersinergi dengan seluruh pihak aparatur pengawas pemerintah hingga awak media.

“Ini adalah amanah yang disampaikan oleh Jaksa Agung, agar segera bersinergi dengan aparatur pengawas pemerintah. Yang ini ini sesuai arahan bapak Presiden. Kami juga akan lebih bersinergi dengan awak media, ” ucapnya.

Dikatakannya, dengan koordinasi antara Kajati dengan seluruh aparatur pengawas pemerintah yang ada di daerah, tidak akan menjadikan kewenangan masing-masing berkurang. Justru akan saling menguatkan.

“Koordinasi ini tidak menjadikan kewenangan konstitusi masing-masing menjadi berkurang, tapi semakin memperkuat akselerasi dalam menyelesaikan berbagai persoalan agar dapat sejalan,” ujarnya.

Dia mencontohkan, dalam penanganan perkara, tidak jarang ada pihak-pihak yang merasa dirugikan, sehingga diperlukan profesionalisme untuk penanganannya.

“Seperti dalam penanganan perkara, ada saja pihak yang tentunya merasa dirugikan dan ada pihak yang tidak dirugikan. Oleh itu, diperlukan profesionalisme. Pasti ada berbagai macam yang tidak puas pada hukum dalam setiap penanganan perkara,” ujarnya.

Terkait dengan Ibukota Negara (IKN), Kajati Hari Setiyono juga meminta kepada pihak-pihak terkait untuk dapat meminimalisir munculnya persoalan sosial. Dirinya pun menegaskan akan mencermati pengelolaan keuangan negara untuk pembangunan IKN tersebut.

“Saya sudah meninjau lokasi. Harapannya, persoalan sosial terhadap IKN bisa diminimalisir. Kami sangat mengharapkan informasi, mencermati pengelolaan keuangan negara yang taat prosedur, agar dapat dilaksanakan secara profesional, tepat sasaran dan tuntas, ” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Kajati Hari Setiyono juga menyampaikan akan adanya perubahan formasi di jajaran pimpinan di lingkungan Kejati Kaltim.

“Tanggal 21 ini akan ada sertijab dan tanggal 24 ada tugas baru yang akan diemban pak Kasidum di tempat baru. Setelah itu sertijab Kajari Samarinda, Kajari Kutai Timur dan Kajari Berau. Juga ibu Wakajati Kaltim yang akan pindah di tempat yang baru. Setelah itu kami akan segera bertemu dengan wartawan, untuk kemajuan Kaltim dan Kaltara. Karena saya yakin, pers ikut membantu Kajati, ” katanya.

Wakajati Kaltim Amiek Mulandari sekaligus menyampaikan apresiasinya dan pamit sebelum tugasnya berakhir pada tanggal 21 Febuari 2023 ini, sebagai Wakajati Kaltim.

“Selama ini kerjasama kita sudah sangat baik dan semoga ke depan akan semakin lebih dinamis. Tanggal 21 ini saya akan dilepas oleh bapak Kajati untuk serah terima jabatan. Saya akan bertugas di DIY Jogyakarta, ” ucapnya.

Penulis : Koko
Editor : M Jay

Share