MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Adam Muhammad resmi menakhodai Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Kalimantan Timur periode 2023-2027.

Bersama pengurus Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Kalimantan Timur lain dikukuhkan di Aula Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kaltim, Minggu (23/7/2023).

Acara tersebut juga disaksikan langsung oleh Ketua Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Dzulfikar A Tawalla, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Timur KH Siswanto, Sekjen PP Muhammadiyah Najih Prasetyo, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian, sejumlah tokoh Muhammadiyah, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kaltim Agus Hari Kesuma, perwakilan dari Polda Kaltim, perwakilan organisasi dan perwakilan lintas agama.

Ketua Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Dzulfikar A Tawalla mengatakan, kepemimpinan baru adalah benih dari kehidupan. Sehingga dirinya berharap, pengurus Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Kalimantan Timur yang baru dilantik ini mampu tunduk menjadi sebuah ekosistem ide, prestasi yang membawa dampak positif bagi gerakan pemuda Muhammadiyah ke depan.

“Momen pelantikan harus membawa tiga semangat baru. Yaitu perubahan etos atau pembaharuan etos. Kemudian membawa semangat pembaharuan, komitmen yang harus dipegang penuh menjadi sebuah kesatuan. Ketiga, prestasi yang bagus, ” pesannya saat menyampaikan sambutan.

Dia mengingatkan, berbagai tantangan di depan sudah menanti yang harusnya sudah diketahui oleh seluruh pengurus, untuk dapat menyelesaikan tantangan dengan prestasi baru.

“Ada dua semangat pemimpin baru, kolaborasi dan adaptasi. Untuk itu kita berharap kawan-kawan membawa prestasi yang membanggakan ke depan, ” katanya.

“Semoga kebersamaan di Muktamar melahirkan multi efek, supaya kader kita bisa menjadi orang terdepan mengemban amanah ini, ” imbuhnya.

Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Kalimantan Timur Adam Muhammad menyampaikan ucapan terimakasihnya atas dukungan seluruh pihak yang telah mempercayakan padanya sebagai Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Kalimantan Timur untuk lima tahun ke depan.

Dikatakannya, seluruh pengurus yang duduk dalam struktur kepengurusan Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Kalimantan Timur periode 2023-2027 adalah kader-kader yang memiliki kemampuan dan kapasitas sesuai bidangnya.

“Kita pilih kader yang mengisi pos pengurus ini memiliki potensi yang luar biasa sesuai bidang dan kapasitasnya untuk menjadi gerakan progresif di Kaltim dan berimplikasi di Kaltim, ” ujarnya.

Menurutnya, jajarannya siap untuk melaksanakan dan meneruskan program kerja dan tugas yang telah disusun.

“Kami akan memperkuat struktur organisasi dari ranting hingga wilayah. Kedua, memperkuat kaderisasi untuk menjadi poros utama membangun gerakan yang loyal untuk pergerakan Muhammadiyah. Ketiga, memperkuat SDM, keempat memperkuat solidaritas kemanusiaan dan memperkuat kemandirian ekonomi, ” katanya.

Bahkan lanjut Adam Muhammad, untuk benar-benar mewujudkan kemandirian ekonomi Muhammadiyah Kalimantan Timur, pihaknya telah menggandeng berbagai pihak untuk menciptakan wirausahawan muda di Kaltim.

“Kita akan memproduksi wirausahawan muda di Kaltim. Untuk itu kita sudah berkomunikasi dengan perbankan di Kaltim guna membentuk usahawan baru, ” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kaltim yang diwakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kaltim Agus Hari Kesuma menyampaikan dukungannya atas pengukuhan Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Kalimantan Timur periode 2023-2027. Dia berharap, pemuda Muhammadiyah turut aktif dan mampu mengambil peran dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Muhammadiyah juga harus mampu mengambil andil dalam pembangunan IKN, ” tandasnya.

Masih dalam rangkaian acara, juga dilaksanakan kegiatan Seminar Nasional dan Rapat Kerja Pemuda Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Acara Seminar Nasional diisi oleh narasumber, seperti Sekjen PP Pemuda Muhammadiyah Najih Prasetyo, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian, Tokoh Muhammadiyah Andi Sofyan Hasdam dengan mengangkat tema “Reaktualisasi Gerakan Pemuda Negarawan untuk Kalimantan Timur Berkemajuan”.

Penulis : Koko
Editor : M Jay

Don`t copy text!