MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Anggota DPRD Kaltim Agus Aras memastikan pihaknya akan mendukung upaya pemindahan gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Kaltim ke lokasi yang lebih aman dari banjir dan lebih strategis.

Namun demikian, lanjut Politisi dari Partai Demokrat ini, sebelum melakukan pemindahan lokasi gedung, hendaknya sudah ada kajian-kajian dan kelayakan yang dibuat. Hal itu dimaksudkan untuk memastikan lokasi baru adalah benar-benar layak dan tidak lagi menimbulkan persoalan baru.

“Kami sebagai Anggota DPRD Provinsi Kaltim, tentu mendukung jika keinginan untuk dipindah ke tempat yang lebih baik. Yang penting harus dibuat kajian dan kelayakan segala macam, sehingga nanti ketika terjadi pemindahan tentu kami berharap semakin lebih baik dari sisi pelayanannya terhadap masyarakat, ” ucapnya.

Agus Aras juga memastikan, dari segi anggaran, pihaknya akan mendukung alokasi anggaran untuk pemindahan maupun pembangunan gedung baru DPK Kaltim.

“Mengenai anggaran, Provinsi Kalimantan Timur mempunyai anggaran yang cukup tinggi dibandingkan daerah lain. Saya pikir kalau dari sisi anggaran, sepanjang itu kajiannya sudah memenuhi persyaratan dan ketentuan yang ada, maka saya pikir tidak ada masalah, ” imbuhnya.

Untuk diketahui, Kepala DPK Kaltim HM Syafranuddin sejak beberapa tahun terakhir ini gentol mewacanakan pemindahan gedung DPK Kaltim dari Jalan Juanda, Samarinda ke lokasi lain yang lebih aman dari banjir dan lebih strategis.

Sebenarnya, tahun 2022 silam, DPK Kaltim telah mengusulkan pada Pemerintah Provinsi Kaltim terkait wacana pemindahan tersebut ke eks Hotel Atlet Sempaja. Namun usulan tersebut tak mendapat restu, lantaran eks Hotel Atlet Sempaja akan dikelola oleh pihak ketiga dan dikembalikan fungsinya sebagai hotel.

Upaya lain yang dilakukan HM Syafranuddin adalah, memindahkan gedung DPK Kaltim ke eks Bandara Temindung Samarinda. Bahkan dirinya telah membuat beberapa
model desain gedung, termasuk menggandeng UMKM. (ADV DPK Kaltim/M Jay-Koko/M Jay)

Don`t copy text!