MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA –Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dinyakini akan membawa dampak besar bagi seluruh provinsi, khususnya Kaltim dan daerah penyangga.

Untuk itu, Anggota DPRD Kaltim Agus Aras meminta agar sinergis banyak pihak untuk terlibat aktif, baik provinsi maupun kabupaten/kota dalam persiapan menyambut IKN.

“Persiapan di masing-masing daerah dalam menyambut IKN sangat penting, terutama ketiga daerah daerah pemilihannya,” katanya.

Ketiga daerah penting ini adalah Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Berau, dan Kota Bontang. Menurutnya, ketiga daerah tersebut memiliki potensi besar untuk mendukung keberadaan IKN.

Agus Aras menyebut, Kutim harus memperkuat sumber daya manusia (SDM) unggul dan membangun ketahanan pangan yakni dengan pengembangan sektor pertanian yang mampu menyokong kebutuhan IKN.

“Dalam pertumbuhan kawasan IKN, pasokan sandang dan pangan menjadi krusial. Kutim harus mampu mengembangkan sektor pertanian untuk memenuhi kebutuhan di IKN,” katanya.

Bontang, lanjutnya, telah dirancang sebagai pusat industri, diharapkan fokus pada sektor industri yang mendukung perekonomian IKN. Aras menekankan potensi besar Bontang dalam sektor petrokimia dan gas.

“Bontang harus terus tingkatkan industri yang ada dan mencari peluang baru untuk mendukung IKN,” katanya.

Berau, dengan potensi pertanian dan perkebunan yang kuat, terutama budidaya palawija, juga dianggap penting dalam mendukung IKN.

“Perlunya pengembangan sektor ini untuk memberikan nilai tambah bagi IKN, sambil mempertahankan kelestarian lingkungan dan kearifan lokal yang menjadi daya tarik wisata,” ujarnya.

Aras berharap ketiga daerah tersebut dapat mempersiapkan diri sejak dini untuk mendukung keberadaan IKN.

“Seluruh elemen masyarakat untuk mendukung pembangunan IKN sebagai peluang untuk memajukan daerah dan bangsa,” tandasnya. (Hk/M. Jay/Adv/DPRD Kaltim)

Don`t copy text!