MEDIABORNEO.NET, BONTANG – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Kaltim, Bahri menyebut, ada 340 peserta pramuka yang berasal dari beberapa kabupaten/kota di Kaltim ambil bagian pada kegiatan Perkemahan Barasaka 2023 se- Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang dilaksanakan di Kota Bontang, sejak tanggal 15 sampai 18 November 2023.

“340 peserta ini terdiri dari enam kontingen dari Bontang dan lima kontingen dari luar Bontang seperti Berau, Samarinda, Balikpapan, Kukar, dan Kutim,” ucapnya, ditemui usai acara penutupan Perkemahan Barasaka, Sabtu (18/11/2023).

Dia menyebut, peserta berasal dari 10 Satuan Karya (Saka), antara lain Saka Bahari, Husada, Kalpataru, Bhayangkara, Kencana, Pariwisata, dan Wanabakti dari berbagai daerah di Kaltim, sehingga mereka terlibat dalam pembinaan dan pengasahan kapasitas diri.

“Fungsi Perkemahan Barasaka dalam proses pencapaian tujuan kepramukaan, ada beberapa fungsi pramuka yang dilaksanakan di giat ini,” katanya.

Kata Bahri, setiap generasi muda membutuhkan kegiatan menyenangkan, sekaligus mendidik agar mereka menjadi individu yang lebih baik.

Untuk itu, dalam perkemahan ini juga diisi berbagai kegiatan yang menghibur, menyenangkan, mempunyai tujuan peningkatan kapasitas, menyehatkan, dan terarah.

“Kegiatan pramuka juga merupakan tugas yang diemban dengan ikhlas, kerelaan, dan pengabdian, sehingga melalui pramuka inilah mereka dapat membaktikan diri secara sukarela demi mencapai tujuan Kepramukaan,” ujarnya.

“Pramuka memiliki peran sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan organisasi Kepramukaan, maka setiap kegiatan pramuka dalam bentuk latihan berkala adalah suatu upaya untuk mewujudkan tujuan yang ingin dicapai,” lanjutnya.

Untuk informasi, kegiatan perkemahan Barasaka ini ditutup oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bontang Kak Budi Supriyanto, didahului prosesi tutup adat Besai Berintai, yaitu menebaskan mandau ke pohon yang sudah disediakan sebagai media.

Selanjutnya diadakan pelepasan tanda peserta yang didahului oleh Ketua Kwarcab, disusul pemakaian tanda telah mengikuti Perkemahan Barasaka 2023 oleh Dispora Kaltim yang diwakili Bahri, selaku Kabid Pemberdayaan Pemuda. (Oen/M.jay/Adv/Dispora Kaltim)

Don`t copy text!