MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Anggota Komisi IV DPRD Kota Samarinda Ahmat Sopian mengatakan, seluruh sekolah hendaknya juga berupaya meningkatkan literasi anak-anak didiknya.

Menurut dia, jika sejak dini generasi muda ditumbuhkan rasa menyukai dan minatnya membaca, maka akan menciptakan generasi muda berwawasan luas.

“Perpustakaan itu wajib ada di sekolah, karena pak Wali Kota sendiri menyarankan seperti UKS wajib setiap sekolah. Artinya begitu juga perpustakaan. UKS saja wajib, apalagi perpustakaan, agar bagaimana adik-adik kita bisa tumbuh cerdas dengan dan berilmu,” ujarnya.

Untuk itu, kata Sopian, perlu adanya dorongan dari instansi terkait kepada seluruh sekolah-sekolah tingkat SD hingga SMP di Samarinda.

“Bagaimana intasi terkait bisa memberikan motivasi, memberikan masukan kepada sekolah-sekolah, agar mereka memberikan tempat khusus untuk membuat perpustakaan, sehingga minat baca adik-adik kita tumbuh berkembang,” katanya.

Meskipun Sopian mengakui, persoalan yang muncul karena adanya sekolah yang belum memiliki perpustakaan lantaran minimnya anggaran. Tetapi kata dia, sekolah bisa membuat inovasi sederhana agar bagaimana menumbuhkan minat baca bagi siswanya.

“Semua memang masalahnya di anggaran. Artinya bagaimana inovasi yang ada agar dicarikan jalan supaya adanya alokasi anggaran pemerintah masuk. Baik dari provinsi, pusat, Bosda, Bosnas untuk membeli buku-buku. Selain itu, inovasi Kepala Sekolah sangat diperlukan, baik peyelenggara sekolah dengan kerjasama antara tenaga pendidiknya untuk mewujudkan anak bangsa yang cerdas,” tandasnya. (Adv/Koko/M Jay)

Don`t copy text!