MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Timur melaksanakan acara Pengukuhan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur tahun 2023, di Aula Maratua, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur, Jumat (27/10/2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh Deputi Gubernur
Bank Indonesia, Aida S. Budiman dan Pj Gubernur Kaltim, Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim, jajaran Forkopimda, provinsi dan kabupaten/kota, pimpinan instansi vertikal, OPD, perbankan, akademisi, asosiasi
pengusaha, dan media.

Acara pengukuhan ini merupakan momen penting bagi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur sebagai pergantian pucuk pimpinan dalam institusi ini.

Pengukuhan kali merupakan pengukuhan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Timur yang baru, Budi Widihartanto, yang sebelumnya dijabat oleh Ricky Perdana Gozali.

Deputi Gubernur BI, Aida S. Budiman mengatakan, pergantian kepemimpinan merupakan proses rutin yang terjadi di
Bank Indonesia untuk dilaksanakan, sebagai bagian dari program kepemimpinan di Bank Indonesia untuk memastikan organisasi yang siap dalam mengantisipasi dinamika lingkungan strategis.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Ricky Perdana Gozali atas sumbangsihnya selama ini, sekaligus mengucapkan selamat kerja kepada Budi Widihartanto sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia
Kalimantan Timur yang baru.

Secara khusus, Aida juga mengapresiasi berbagai inisiatif yang telah dilakukan oleh Kantor Perwakilan Kalimantan Timur bersama Pemerintah Daerah dan seluruh stakeholders yang ada.

“Kolaborasi dan sinergitas ini adalah upaya menjaga inflasi melalui koordinasi dalam Forum TPID dan pelaku usaha dengan berbagai kegiatan, seperti pasar murah dan upaya mendorong UMKM naik kelas, Go Digital dan Go Ekspor melalui pembinaan bagi UMKM subsisten, UMKM digital dan UMKM potensial ekspor,” ucapnya.

Selain itu, lanjut dia, upaya mendorong digitalisasi transaksi pembayaran Pemda yang secara bersama-sama telah membuahkan hasil yang membanggakan, seperti Kabupaten Kutai Kartanegara yang berhasil meraih TP2DD Kabupaten Terbaik dan Program Unggulan TP2DD terbaik 2023.

Pj. Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik dalam sambutannya berpesan kepada Budi untuk dapat bekerjasama dengan jajaran pemerintahan di Provinsi Kaltim. Utamanya dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, penekanan inflasi dan membuat program-program baru untuk memperkuat peningkatan dan stabilitas perekonomian Kaltim serta ketahanan pangan.

Akmal juga mengingatkan ke depan, Kaltim tidak terpisahkan dari Ibu Kota Nusantara (IKN), secara langsung maupun tidak akan mendapat dampak dari perpindahan ibu kota negara.

“Dengan kehadiran IKN, maka pembangunan Kaltim akan berkembang pesat. Oleh karena, itu sangat memerlukan dukungan maksimal dari Bank Indonesia,” ujarnya.

Disamping itu, pertumbuhan ekonomi Kaltim di kuartal II tahun 2023 mencapai angka terbaik sebesar 6,84 persen. Pertumbuhan yang positif ini juga memerlukan dukungan BI untuk dapat mempertahankan dan
bahkan meningkatkannya pada periode-periode mendatang.

Ke depan, Bank Indonesia bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur akan selalu bersinergi dalam peningkatan perekonomian Kaltim yang Maju, berdaya saing dan berdaulat.

Penulis : Koko
Editor : M Jay

Don`t copy text!