MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji memastikan, bahwa pemerintah daerah dan pusat telah memprioritaskan pembangunan bendungan dan embung di sejumlah daerah di Kaltim.

Kata dia, pembangunan bendungan dan embung tersebut tersebar di beberapa wilayah di Kaltim. Mulai daerah-daerah di Kutai Kartanegara (Kukar) hingga Samarinda.
Menurut Seno, pembangunan bendungan dan embung itu sangat penting untuk para petani.

“Bendungan dan embung itu penting untuk menyediakan air irigasi yang berkelanjutan untuk petani,” ujarnya.

Terlebih, lanjut dia, beberapa waktu lalu musim kemarau melanda Kaltim. Sudah pasti, musim kemarau itu memberikan dampak terhadap hasil-hasil pertanian yang ada. Sehingga, hasil panen tidak maksimal.

“Musim kemarau yang panjang ini sangat berpengaruh terhadap hasil panen di Kaltim. Oleh sebab itu, kita harus punya irigasi yang tiap saat ada airnya,” katanya.

Dikatakannya, pembangunan bendungan dan embung harus menjadi prioritas. Agar segera bisa diwujudkan dan dimanfaatkan oleh petani-petani di Kaltim.

Dengan adanya bantuan alsintan, bendungan, embung, hingga bantuan lainnya, diyakini dapat membantu peningkatan hasil pangan di Kaltim dari tahun ke tahun.

Seno menyebut, mengacu pada data statistik, ada kenaikan hasil gabah di Kukar dari 2022 hingga 2023.

“Ini menunjukkan bahwa program yang kita canangkan sudah mulai menunjukkan hasilnya. Meskipun ada penurunan produksi gabah di akhir tahun ini karena musim kemarau, tapi kita optimistis tahun depan akan lebih baik lagi,” pungkasnya. (Hk/M. Jay/Adv/DPRD Kaltim)

Don`t copy text!